Liga Inggris: Gol Tandang ke-3.000 Hiasi Kemenangan Arsenal atas Middlesbrough

Football5star.com, Indonesia – Catatan gol tandang ke-3.000 yang dibukukan Arsenal di kompetisi Liga Inggris menghiasi kemenangan 2-1 atas Middlesbrough di Stadion Riverside, Selasa (18/4) dini hari WIB.

Gol tandang ke-3.000 Arsenal itu dilesakkan dengan cara elok. Eksekusi tendangan bebas Alexis Sanchez membuat bola melaju pesat ke pojok gawang Middlesbrough dan membuat kiper gaek asal Amerika Serikat, Brad Guzan, hanya bisa ternganga.

Arsenal kini tercatat sebagai tim kedua yang mampu menembus 3.000 gol tandang di seluruh kompetisi Liga Inggris. Tim pertama adalah Manchester United, yang sejauh ini sudah mengoleksi 3.226 gol di luar kandang.

Tak cuma itu, Sanchez juga turut tercatat sebagai pemain kedua Arsenal dengan jumlah gol tendangan bebas langsung terbanyak di Premier League, yakni 5 gol. Namun, jarak dengan peringkat pertama yang sekaligus legenda The Gunners, Thierry Henry, terhitung cukup jauh. Henry sudah membukukan 12 gol tendangan bebas langsung selama berseragam Arsenal.

Satu hal yang pasti, gol itu hadir pada waktu yang cukup krusial, tepatnya pada menit ke-42, atau beberapa saat jelang babak pertama berakhir. Gol yang membuat kubu Arsenal bisa tersenyum penuh optimisme saat memasuki ruang ganti pemain.

Namun, harapan dengan gol itu Arsenal bisa memulai babak kedua dengan keberuntungan lebih ternyata tak menjadi kenyataan. Malahan, Arsenal harus kebobolan pada menit ke-50 saat bola umpan silang Stewart Downing diselesaikan dengan sempurna oleh Alvaro Negredo guna mengoyak gawang Petr Cech.

Gol Negredo membuat Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mulai berpikir keras. Tentu dia tak mau hasil negatif membuat publik semakin gencar menyerang. Apalagi, Wenger coba bereksperimen di laga ini dengan memasang tiga bek sejajar dengan pola 3-4-2-1. Hal yang tak lazim dilakukan The Professor -julukan Wenger.

Dari raut wajah cemas dan terkesan masam, Wenger akhirnya bisa melonjak kegirangan ketika Mesut Oezil menyambar bola hasil umpan dada Aaron Ramsey dengan tembakan keras kaki kanan tepat di mulut gawang. Wajar Wenger gembira. Bola sepakan Oezil itu melesak ke dalam gawang Guzan dan membawa Arsenal kembali unggul pada menit ke-71.

Bahkan, Wenger juga bisa membusungkan dada karena dua pahlawan Arsenal di laga ini justru pemain yang acapkali dibelanya mati-matian dari derasnya kritik para pendukung. Gol Oezil membuat Arsenal bisa menutup pertandingan dengan kemenangan. The Gunners pulang dari Riverside dengan mengantongi tiga poin penting.

Penting karena tiga angka itu membuat peluang mereka merebut tiket Liga Champions tak jadi menguap. Saat ini Arsenal memang masih berada di peringkat keenam dengan koleksi 57 poin, tertinggal tiga angka dari Manchester United tepat di atasnya. Namun, jarak 7 poin Arsenal dengan penghuni empat besar, Manchester City, masih mungkin dikejar. Meski cukup sulit.

Setidaknya, asa masih terjaga. Harapan untuk menyelamatkan muka Wenger, yang nyaris selalu bisa membawa Arsenal lolos ke Liga Champions.

Susunan Pemain

Middlesbrough (4-3-3): 12-Brad Guzan; 3-Fabio (3-George Friend 17′), 6-Ben Gibson, 4-Daniel Ayala, 17-Antonio Barragan; 7-Grant Leadbitter, 14-Marten de Roon (29-Rudy Gestede 79′), 8-Adam Clayton; 21-Gaston Ramirez (37-Adama Traore 68′), 10-Alvaro Negredo, 19-Stewart Downing

Arsenal (3-4-2-1): 33-Petr Cech; 16-Rob Holding, 6-Laurent Koscielny, 5-Gabriel Paulista; 18-Nacho Monreal, 29-Granit Xhaka, 8-Aaron Ramsey, 15-Alex Oxlade-Chamberlain; 7-Alexis Sanchez (34-Francis Coquelin 90′), 11-Mesut Oezil (24-Hector Bellerin 90′); 12-Olivier Giroud