Liga Inggris: Mourinho Ke Man. United, Rivalitas Dengan Guardiola Berlanjut

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Jose Mourinho benar-benar merapat ke Manchester Unted. Kehadirannya sebagai manajer baru Red Devils langsung memanaskan persaingan Derby Kota Manchester. Pasalnya, rivalitas Mourinho dengan Guardiola dipastikan terus berlanjut pada musim 2016-17.

Hal itu dikarenakan Guardiola juga datang ke Premier League pada musim depan. Dia dipastikan akan menangani rival sekota Man. United, Manchester City.

Sebelumnya Mourinho sudah dikenal memiliki rivalitas tersendiri dengan Guardiola. Pemicunya adalah betapa sering mereka bertemu dalam sebuah laga, terutama di Liga Champions. Bahkan, hingga kini, Mourinho tercatat sebagai manajer yang paling sering dilawan oleh Guardiola.

Laga pertama antara Mourinho dan Guardiola terjadi di fase grup Liga Champions 2008-09. Saat itu, The Special One menangani Inter Milan dan Guardiola melatih Barcelona. Duel perdana antara keduanya berakhir seri 0-0.

Akan tetapi, Mourinho akhirnya berhasil menyingkirkan El Barca didikan Guardiola di semifinal. Dia bahkan membawa I Nerazzurri juara dan merebut treble winners pada akhir musim 2009-10.

Sejak saat itu, persaingan antara Mourinho dan Guardiola mulai memanas. Terlebih kedua orang dianggap menyukai gaya permainan yang bertolak belakang. Mourinho dinilai lebih mementingkan hasil tanpa peduli permainan cantik. Sebaliknya Guardiola adalah penggemar penguasaan bola dan permainan menekan.

Saat Mourinho pindah ke Real Madrid pada musim 2010-11, persaingan dengan Guardiola juga kian panas. Pasalnya, mereka ikut membawa aroma rivalitas El Clasico dari tim asuhannya.

Meski begitu, terkait rekor pertemuan, Mourinho masih kalah jauh di bawah Guardiola. Dalam 16 kali pertemuan, dia hanya bisa mengantar tim didikannya menang tiga kali atas tim asuhan Guardiola. Sebaliknya, dia juga mesti mengakui kemenangan tim yang dilatih Guardiola sebanyak delapan kali. Sedangkan sisa lima laga lain berakhir seri.

 

 

Comments
Loading...