Liga Inggris: Wenger Ikut Kaget dengan Kepindahan Oscar ke Cina

Football5star.com, Indonesia – Kepindahan Oscar dari Chelsea ke klub Chinese Super League, Shanghai SIPG, membuat Manajer Arsenal, Arsene Wenger, ikut kaget.

Oscar meneruskan sederet pemain bintang di Premier League yang memilih eksodus ke Cina. Chelsea sepakat menjual Oscar ke Shanghai SIPG seharga 60 juta pounds. Oscar juga akan menerima gaji sekitar 400.000 pounds per pekan di klub besutan Andre Villas-Boas.

Wenger mengaku terkejut dengan kepergian Oscar, yang dinilai masih dapat berkembang di Eropa. Apalagi, usia gelandang asal Brasil itu baru 25 tahun. Dia pun menilai, kekuatan finansial Negeri Tirai Bambu sebagai ancaman bagi eksistensi Premier League pada masa depan.

“Mengejutkan (kepergian Oscar), distorsi. Ketika Anda seorang pesepak bola, Anda ingin mengombinasikan kualitas kompetisi dengan pendapatan Anda,” ucap Wenger seperti diberitakan Mirror.

Meski begitu, Wenger melihat geliat sepak bola Tiongkok bukan hal yang aneh selama memiliki keuangan mumpuni dan pengelolaan kompetisi yang baik. Wenger sendiri pernah merasakan melatih di Asia saat menangani klub Jepang Nagoya Grampus Eight, sebelum diboyong Arsenal pada 1996.

“Ini mengejutkan saya, tapi ketika saya berada di Jepang, ada banyak pemain Brasil seperti Leonardo, Jorginho, dan Dunga. Kompetisi juga diatur baik,” tuturnya.

“Saat ini saya pikir Oscar pindah karena dia tidak bermain – Tiongkok memberikannya kesempatan itu dan mereka banyak berinvestasi dengan menciptakan kekuatan besar. Hal itu bisa jadi masalah bagi Premier League di masa depan,” tandas Wenger.