5 Fakta Menarik Gol Pembuka Musim Premier League

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Premier League musim 2018-19 telah resmi bergulir dengan dibuka laga Manchester United versus Leicester City. Pertandingan di Stadion Old Trafford tersebut berhasil dimenangi tuan rumah dengan skor 2-1. Paul Pogba menjadi pencetak gol pembuka musim.

Membuka skor saat laga berjalan tiga menit, Pogba menahbiskan diri sebagai pencetak gol pertama di Premier League musim ini. Terkait gol pembuka musim Premier League tersebut, berikut ini Football5Star.com menyajikan lima fakta menariknya sejak Premier League digulirkan pada 1992-93.


1. Pemain Ke-29
Djibril Cisse, pemain Prancis pertama yang mencetak gol pembuka musim di Premier League.
skysports.com

Paul Pogba menjadi pemain ke-29 yang mencetak gol pembuka musim di Premier League. Menariknya, dia mempertahankan tren pemain asing yang selalu mencetak gol pertama sejak 2016-17. Musim lalu, gol pembuka dicetak Alexandre Lacazette (Arsenal), sedangkan pada 2016-17 dibuat Adama Diomande (Hull City).

Pogba juga membuat pemain asing unggul atas pemain lokal Inggris. Dia menjadi pemain asing ke-15. Sebelumnya, komposisi berimbang, 14 pemain lokal Inggris dan 14 pemain asing. Di antara para pemain asing, pemain Prancis kini di atas dengan tiga orang.


2. Penalti Ke-4
David Dunn mencetak gol pertama musim 2003-04 dari titik penalti.
birminghammail.co.uk

Gol Pogba adalah penalti keempat yang membuka musim di Premier League sejak 1992-93. Tiga gol penalti lainnya dilesakkan Alan Shearer pada 1995-96, Michael Ricketts (2002-03), dan David Dunn (2003-04).

Di antara keempat pemain yang mencetak gol pembuka musim dari titik putih, Pogba merupakan pemain asing pertama dan tercepat. Dia melesakkan golnya pada menit ke-3. Itu satu menit lebih cepat dari penalti Ricketts yang dibuat saat Bolton Wanderers menghadapi Fulham.


3. Satu Bunuh Diri

Di antara gol-gol pembuka musim di Premier League sejak 1992-93, gol Kyle Walker pada 2015-16 paling berbeda. Pasalnya, itulah satu-satunya gol bunuh diri yang menjadi pembuka musim di kasta teratas sepak bola Inggris tersebut.

Gol itu tercipta saat Tottenham Hotspur menghadapi Manchester United. Berawal dari umpan silang mendatar dari rusuk kiri pertahanan Spurs, bola yang hendak diambil Wayne Rooney berhasil dicuri Walker. Namun, cocorannya dari belakang justru menembus gawang sendiri.


4. Tiga Gol Tercepat

Gol yang diciptakan Pogba ke gawang Leicester City nyaris menyamai gol tercepat yang terjadi pada laga pembuka musim Premier League. Tercipta pada menit ke-3, gol itu satu menit lebih lambat dari tiga gol tercepat.

Kevin Campbell (Arsenal), Faustino Asprilla (Kolombia), dan Alexandre Lacazette (Arsenal) sama-sama mencetak gol pembuka musim saat laga memasuki menit ke-2. Campbell ke gawang Manchester City pada 1994-95, Asprilla ke gawang Sheffield Wednesday pada 1997-98, sedangkan Lacazette ke gawang Leicester pada 2017-18.


5. Anomali Musim 1995-96
Alan Shearer saat membela Blackburn Rovers musim 1995-96.
fourfourtwo.com

Sejak 1992-93, gol pembuka musim biasanya dicetak oleh satu pemain. Pengecualian terjadi pada 1995-96. Kala itu, sembilan dari sepuluh pertandingan memang digelar bersamaan pada 19 Agustus 1995. Alan Shearer, Efan Ekoku, dan Danny Williamson sama-sama mencetak gol pada menit ke-5.

Shearer melesakkan golnya dari titik penalti yang membawa Blackburn Rovers unggul atas Quuens Park Rangers. Ekoku membuat gol bagi Wimbledon ke gawang Bolton Wanderers. Adapun Williamson menciptakan gol saat West Ham United melawan Leeds United.

Comments
Loading...