5 Fakta Menarik Liga Inggris Pekan ke-16

566

Football5Star.com, Indonesia – Liga Inggris sudah memainkan semua pertandingan di pekan ke-16. Terdapat dua laga Super Sunday yang sama-sama mempertemukan tim sekota, Liverpool vs Everton dan Manchester United vs Manchester City. Laga pekan ini juga memunculkan 5 fakta menarik yang patut diketahui.

Sebelumnya, beberapa pertandingan di Liga Inggris pekan ini sempat terancam tertunda karena sebagian wilayah Inggris dihujani salju. Namun pada akhirnya, semua laga bisa dimainkan sesuai jadwal hingga menorehkan beberapa rekor baru.

Berikut 5 Fakta Menarik Liga Inggris yang telah dirangkum Football5star:

  1. Kekalahan Jose Mourinho dari Pep Guardiola
@OptaJoe

Manchester City berhasil menjungkalkan Manchester United di Old Trafford dengan skor 2-1. Hasil ini pun mengulang skor pada musim lalu di tempat yang sama. Selain itu, kekalahan ini juga semakin menambah catatan buruk Jose Mourinho saat bertemu Pep Gurdiola.

Seperti dilansir Opta, Mourinho sudah menelan sembilan kekalahan dari manajer City itu. Dengan kata lain, Pep adalah pelatih yang paling sering menaklukkan The Special One daripada pelatih lain. Adapun Rafael Benitez menjadi orang kedua yang sering mengalahkan Mou.

  1. 15 Laga Liverpool Tanpa Kekalahan
@OptaJoe

Kendati hanya menuai hasil imbang saat menjamu Everton, Liverpool sukses mencatatkan rekor baru. Hingga saat ini, mereka melewati 15 pertandingan melawan tim sekotanya itu tanpa menelan satu pun kekalahan. Hasil ini pun mengulang capaian The Reds yang dibikin pada musim 1977-1978.

Adapun pada tiga laga sebelumnya, Liverpool sukses mengalahkan The Toffees, baik saat bermain di Anfield maupun Goodison Park. Bahkan mereka hanya kebobolan satu kali saat menang di Anfield 3-1 musim lalu.

  1. Giroud Sang Supersub
@OptaJoe

Arsenal nyaris menelan kekalahan di kandang Southampton. Mereka tertinggal 1-0 hingga menit ke-88. Namun, dewi fortuna berkata lain saat Arsene Wenger memasukkan Olivier Giroud di babak kedua. Ia pun menjadi pahlawan The Gunners setelah mencetak gol penyeimbang jelang akhir pertandingan.

Gol ini sekaligus menjadi gol ke-17 yang dicetak pemain Prancis itu saat memulai pertandingan dari bangku cadangan. Ia pun menyamai rekor yang sudah bertahan lama milik legenda Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, yang dibuat dari musim 1996 hingga 2007.

  1. Produktivitas Spurs ke Gawang Stoke
@OptaJoe

Kemenangan 5-1 Tottenham Hotspur atas Stoke City menyisakan rekor menakjubkan. Spurs tercatat menjadi satu-satunya klub papan atas Inggris yang mencetak setidaknya empat gol melawan tim yang sama di Liga Inggris. Pada tiga laga sebelumnya, mereka selalu menang 4-0 atas The Potters.

Adapun lima gol Spurs di Wembley kali ini dicetak oleh brace Harry Kane. Sedangkan tiga gol lainnya dibikin oleh Son Heung-Min, Christian Eriksen, serta gol bunuh diri kapten Stoke, Ryan Shawcross. Namun, kemenangan ini belum mampu membuat The Lilywhites merangkak dari posisi keenam.

  1. Kemenangan Kandang Pertama Moyes
zimbio.com

Selain meraih kemenangan perdana bersama West Ham United, skot 1-0 atas Chelsea juga membuat David Moyes menorehkan rekornya sendiri. Ini adalah kemenangan kandang pertama Moyes di Liga Inggris sejak 2016 lalu. Ketika itu ia membawa Sunderland menang 1-0 di Stadium of Light.

Setelah itu, 11 laga kandang selanjutnya dilewati Moyes tanpa kemenangan. Ia hanya meraih lima kali imbang dan menelan enam kekalahan. Adapun bersama The Hammers musim ini ia sudah melewati lima pertandingan dan mencatatkan sekali menang dan imbang, serta 3 kali kalah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.