Adebayor Klarifikasi Alasan Dirinya Tinggalkan Arsenal

305

Football5star.com, Indonesia – Pemain asal Togo, Emmanuel Adebayor buka suara mengenai alasannya meninggalkan Arsenal beberapa musim silam. Pada musim panas 2009, dirinya memutuskan hijrah ke Manchester City dengan banderol 25 juta pounds.

Hal tersebut membuat para fans The Gunners meradang dan menuding jika dirinya pindah karena uang. Namun, ia menegaskan gelontoran poundsterling sama sekali bukan alasan utama dirinya meninggalkan Emirates Stadium.

Emmanuel Adebayor, Manchester City (dailymail.co.uk)
dailymail.co.uk

Adebayor membeberkan jika Arsene Wenger lah yang menginginkannya angkat kaki dari Arsenal. Padahal saat itu dirinya masih ingin bertahan lebih lama di London Utara.

“Arsene menemuiku dan bilang aku harus segera pergi. Aku bilang ‘tidak, aku ingin bertahan’. Kemudian dia menambahkan ‘tidak ada yang perlu diperdebatkan di sini, sudah tidak ada tempat bagimu di tim ini’ Ia bersikukuh aku harus pergi,” papar Adebayor.

“Tidak lama kemudian beredarlah isu jika uang yang membuatku pindah. Bayangkan, aku masih punya kontrak lima musim di sana dan ingin tetap bertahan. Namun klub menjualku dengan harga mahal dan fans menyebut aku mengincar uang?” lanjutnya.

Meski demikian, Adebayor mengakui jika Wenger adalah salah satu sosok penting dalam kariernya. Ia mendapat banyak pelajaran selama bermain di bawah arahan taktisi asal Prancis tersebut.

“Dia adalah tipe pekerja keras yang tidak akan tidur demi memenangkan satu pertandingan. Bagiku, ia senang mendatangkan para pemain muda dan menjadikan mereka pemain besar. Bagiku, dia seperti guru di sekolah,” pungkas Adebayor.