Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Anak Eks Striker MU Buka Borok Pembinaan di Akademi City

95

Putra eks striker Manchester United, Andy Cole, Devante Cole menyesal pernah bergabung dengan skuat muda Manchester City. Menurut Devante, pemain muda di akademi City bakal terabaikan karena tak akan dilirik oleh para pelatih di tim utama.

“Bergabung di City, sebagai pemain muda asal Inggris kau akan menyadari semakin lama bahwa kau tak akan punya waktu bermain,” ungkap Devante.

Para pemain muda City menjadi korban dari ‘Revolusi Arab’ yang terjadi di klub.  Sheikh Mansour selaku pemiliki klub sangat berambisi membawa tim meraih banyak gelar bergengsi. Untuk mewujudkan hal itu, Sheikh Mansour akhirnya memilih cara instan dengan mengeluarkan kocek besar untuk membeli pemain bintang. Akibatnya, para pemain muda yang sebetulnya punya potensi terabaikan.

“Ketika mendapatkan uang, mereka mengubah semua kebijakan. Mereka membeli pemain-pemain bintang. Perlahan pemain-pemain asal Inggris di akademi tersisih,” ujarnya.

“City tak mau rugi telah mengeluarkan banyak uang untuk mereka. Ini tak adil untuk mereka yang sudah lama berlatih dan dibina di sini,” ujarnya.

“Sepak bola dapat membuatmu kesal, jengkel, dan frustasi!”

Selain itu, ia juga mengkritik koneksi manajer dan pemain muda di City. “Di sini kesempatan bermain tergantung cocok-cocokan antara pelatih dan pemain. Bila pelatih seorang Hispanik, kesempatan bermain lebih tinggi bila kau bisa berbahasa Spanyol,” ujarnya.

Akhirnya, musim natal tahun lalu, Devante menampik sodoran kontrak baru dari klub dan memilih hengkang.

“Saya bilang musim panas nanti saya akan pergi. Tak tahunya di belakang saya mereka mencoba menjual saya,” ujarnya.

Devante sempat dipaksa dipinjamkan ke Brentford FC. Namun ia memilih untuk berlabuh ke MK Dons. Klub terakhir ini dibantunya promosi ke Championship League musim ini. Setelah masa peminjamannya bersama MK Dons berakhir, Devante hengkang ke klub kasta ketiga Liga Inggris, Bradford City.