Arsenal Lolos Ke 16-Besar Usai Singkirkan Olympiakos

249

Arsenal memastikan tiket lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan tuan rumah Olympiakos dengan skor 3-0, berkat sumbangan tiga gol Olivier Giroud.

Pada laga Matchday VI yang dihelat di Karaiskakis Stadium, Athena, Kamis (10/12/2015) dinihari WIB, Arsenal wajib menang minimal dengan selisih dua gol untuk bisa naik ke posisi kedua dan lolos menemani Bayern Munich.

Secara permainan, Arsenal sedikit unggul dalam hal penguasaan bola yakni 51:49 persen. Tapi, dari jumlah peluang yang didapat, Arsenal (10 peluang) kalah dibanding Olympiakos (12 peluang). Meski demikian, Arsenal punya lima shot on target berbanding empat milik tuan rumah.

Telat panas di awal-awal laga membuat Arsenal dalam tekanan tuan rumah sekitar 20 menit pertama. Beberapa kali pertahanan Arsenal terancam oleh serangan Olympiakos dari sisi sayap.

Namun, setelahnya Arsenal perlahan mulai lepas dari tekanan dan bisa balik menyerang. Hasilnya pada menit ke-29, tandukan Giroud meneruskan umpan silang Mesut Oezil berhasil menaklukkan Roberto Jimenez di bawah mistar.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Empat menit setelah jeda, Giroud mencetak gol keduanya sekaligus membawa Arsenal unggul 2-0. Melihat ruang kosong di antara dua bek lawan, Joel Campbell yang menahan bola dari sergapan lawan, memindahkannya ke sana dan Giroud menyambutnya dengan sontekan kaki kiri ke tiang jauh.

Kemenangan Arsenal dimantapkan gol ketiga Giroud pada menit ke-67 yang hadir melalui titik putih menyusul handball Omar Elabdellaoui saat menghalau tembakan Nacho Monreal.

Tambahan tiga angka membuat Arsenal menyalip Olympiakos di posisi kedua dengan sembilan poin. Poin kedua tim sama namun ‘Tim Gudang Peluru’ unggul head-to-head sehingga berhak menemani Bayern sebagai wakil Grup E, sementara Olympiakos ke Liga Europa.

Susunan Pemain

Olympiakos: Roberto; Elabdellaoui, Da Costa, Siovas, Masuaku; Kasami (Dominguez 73′), Milivojevic; Seba (Hernani 77′), Fortounis, Pardo (Finnbogason 86′); Ideye.

Arsenal: Cech; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Flamini, Ramsey; Walcott (Gibbs 72′), Oezil, Campbell (Chamberlain 91′); Giroud (Chambers 92′).