Bellerin: Soal Keterbukaan, Rugbi Kalahkan Sepak Bola

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Hector Bellerin membandingkan sepak bola dan rugbi. Baginya, dalam satu sisi, Rugby unggul jauh dibandingkan sepak bola. Yakni soal keterbukaan dan toleransi.

Di tahun 2009, pemain Rugbi dari Wales, Gareth Thomas mengungkapkan bahwa dirinya adalah seorang homoseksual. Kehidupannya berjalan seperti biasa saat ia memberanikan diri dan mengungkapkan jati dirinya sebagai seorang homoseksual.

Penolakan memang sempat menghampiri Thomas. Ia pun sempat merasa terluka melihat berbagai penolakan.

“Aku tak marah, aku sedih. Aku bisa mengalahkan kemarahan dan menumpahkannya ke dalam lapangan, tapi tidak dengan kesedihan,” ungkapnya dikutip dari The Guardian.

Hingga akhirnya Thomas bisa menjalani hari-harinya seperti biasa. Namun kondisi Thomas tak akan pernah terjadi di sepak bola.

Hal ini diungkapkan oleh Bellerin. Dilansir dari Sky Sport, bek Arsenal tersebut merasa bahwa suporter sepak bola belum siap dengan keterbukaan dan pengakuan layaknya pengakuan dari Thomas.

“Hal yang mustahil jika ada pesepak bola mengaku homoseksual. Beberapa fans belum siap menerimanya.”

Pemain berkebangsaan Spanyol itu pun membandingkan kondisi Thomas di rugbi dengan di sepak bola. Baginya, fans di rugbi berbeda dengan yang ada di sepak bola.

“Ketika itu terjadi di rugbi (Gareth Thomas), orang-orang menghormati keputusannya. Fans bisa lebih menghargai keputusannya.”

“Tapi itu tidak berlaku di sepak bola karena budayanya berbeda. Di sepak bola, hal seperti itu bisa menjadi sangat buruk, apalagi bila itu menyangkut pemain dari tim lawan.”

Bellerin menjadi salah satu pemain yang vokal terhadap banyaknya aksi persekusi yang dilakukan oleh suporter. Ia terang-terangan mengaku bahwa dirinya sering menjadi korban persekusi, tak hanya di media sosial, tapi juga di atas lapangan.

Comments
Loading...