Gary Neville dan Pledoi Kuat untuk Unai Emery

96

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Unai Emery dikritik banyak pihak karena pendekatannya yang dinilai naif bersama Arsenal di Premier League. Setelah pra-musim yang mulus bersama Arsenal, hanya dalam enam pekan, ia membawa optimisme baru jelang awal musim. Namun, dua laga awal Premier League melawan Manchester City dan Chelsea membuat kritikan melaju deras.

Dari dua laga awal, Arsenal menelan dua kekalahan. Laga pertama kandang sendiri, mereka kalah 0-2 atas City. Di pekan kedua, gantian Chelsea yang menekuk mereka dengan skor tipis 3-2. Setelah kekalahan kedua tersebut, kritikan deras menghampiri Emery dan pendekatan taktikalnya.

Di tengah derasnya kritikan kepada Emery, Gary Neville, salah satu pundit terbaik Inggris, memberikan pembelaan. Menurut Neville, dia bisa melihat adaptasi yang coba dilakukan Emery di Arsenal.

“Hal menyebalkan yang aku dengar seminggu belakangan ini adalah opini bahwa Arsenal sekarang masih bermain seperti era Arsene Wenger. Aneh ketika orang berkata seperti itu. Ini jelas-jelas Arsenal yang berbeda,” ujar eks kapten Manchester United itu.

“Dari lini belakang, kamu bisa melihat jelas Emery sudah melakukan perbaikan. Yang Arsenal tampilkan di dua laga kemarin adalah yang terbaik dalam 10 tahun terakhir sejak saya melihat Tony Adams, Patrick Vieira, dan Emmanuel Petit bermain sangat compact. Dia (Emery) punya ide yang jelas dan butuh waktu untuk mengaplikasikan itu semua,” tambah Neville.

“Adaptasi diperlukan Emery karena ia menggantikan rezim yang bertahan 22 tahun. Dia akan perlu waktu untuk melihat siapa pemain yang bisa mengikuti cara bermain yang ia mau. Dan ia kelak akan menentukan pula siapa pemain yang tidak bisa mengikuti cara main yang ia mau,” pungkas Neville mengakhiri pembelaannya.

Dua laga awal eks pelatih Almeria ini memang berat. Baru enam pekan di Arsenal, dia sudah harus meladeni juara bertahan di dua musim terakhir Premier League pada dua laga awal. Tantangan selanjutnya adalah pekan ketiga di mana The Gunners akan meladeni West Ham United asuhan Manuel Pellegrini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.