Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Arsene Wenger Patahkan Rekor Milik Sir Alex Ferguson

224

Football5star.com, Indonesia – Manajer Arsenal, Arsene Wenger, akhirnya mematahkan rekor manajer terlama di Premier League milik Sir Alex Ferguson. Hingga hari ini, Wenger telah melatih The Gunners di Premier League selama 7.584 hari. Itu dua hari lebih lebih lama ketimbang seterunya itu.

Manajer berkebangsaan Prancis tersebut datang ke Arsenal pada 1 Oktober 1996 dan kontraknya baru akan habis 30 Juni 2019 nanti.

Ferguson lebih dulu datang dan melatih United pada 1986. Sementara, era Premier League dimulai sejak musim 1992-1993.  Selang satu dekade kemudian, Wenger datang menjadi manajer Arsenal menggantikan Bruce Rioch. Manajer berusia 67 tahun itu sebelumnya melatih klub asal Jepang Nagoya Grampus.

Bersama Arsenal, Wenger meraih 16 gelar . Salah satu yang paling diingat adalah gelar juara Premier League musim 2003-2004. Saat itu klub yang pernah bermarkas di Highbury tersebut menjadi juara dengan tak terkalahkan. Sebuah catatan yang sangat dibanggakan oleh mantan pelatih AS Monaco itu.

Musim lalu, Wenger juga mendapatkan gelar FA Cup dengan mengalahkan Chelsea 2-1 di Wembley. Namun sayang, musim depan Arsenal harus absen dari Liga Championskarena hanya finis di peringkat kelima. Ini merupakan kali pertama The Gunners absen dari ajang tersebut sejak Wenger tiba.

Akan tetapi, bila dibandingkan dengan jumlah gelar milik Sir Alex Ferguson saat bersama Red Devils, Wenger kalah jauh. Selama 26 tahun menukangi United, Fergie memberikan 38 gelar bagi klub tersebut. Ia juga masih kalah dari pelatih legendaris Liverpool, Bob Paisley, yang merebut 20 gelar saat lima tahun menukangi The Reds.

Wenger juga kalah dalam head to head melawan Fergie. Dari 47 kali laga, ia menang 15 kali menang, 10 seri, dan 22 kalah. Pertemuan mereka terakhir kali pada 2011 dalam lanjutan Liga Premier Inggris. Saat itu Arsenal ditahan imbang 1-1 oleh United di Stadion Emirates.