Bayern Tersungkur di Markas Arsenal

77

Arsenal meraih kemenangan perdana pada fase grup Liga Champions musim ini usai membungkam Bayern Munchen di Emirates Stadium, Selasa (20/10).

Pada awal laga, Arsenal mendapat dua peluang masing-masing melalui Mesut Oezil dan Theo Walcott. Akan tetapi, sektor pertahanan Bayern masih mampu menggagalkan dua kesempatan tuan rumah untuk unggul cepat.

Bayern balik menekan lewat tembakan Thiago Alcantara memanfaatkan umpan Thomas Mueller pada menit ke-11, tetapi bola masih mampu diamankan oleh penjaga gawang The Gunners, Petr Cech.

Theo Walcott membahayakan gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer pada menit ke-23. Tembakan kaki kanan penyerang tim nasional Inggris itu gagal bersarang ke gawang Bayern berkat penyelamatan Neuer.

Lima menit berselang, Bayern menciptakan dua peluang saat sepakan Arturo Vidal sukses dibendung oleh Cech dan tembakan Thiago Alcantara dari luar kotak penalti Arsenal belum menemui sasaran.

Walcott kembali membuang peluang pada menit ke-33 lantaran sundulannya memanfaatkan umpan silang Nacho Monreal tepat mengarah ke pelukan Neuer. Begitu pula tembakan Aaron Ramsey yang diblok pemain Bayern.

Jelang turun minum, Juan Bernat, Douglas Costa, Thiago dan Robert Lewandowski melepaskan tembakan yang diblok pemain Arsenal. Alhasil, kedua tim harus mengakhiri babak pertama tanpa gol.

Dominasi permainan diambil alih Bayern pada paruh kedua. Xabi Alonso dan Costa sempat mendapat ruang tembak, tetapi arah bola masih melenceng dari target.

Performa gemilang Cech membuat Bayern frustrasi. Dua peluang emas yang masing-masing diperoleh Lewandowski dan Costa masih mampu dimentahkan oleh kiper Arsenal asal Republik Cheska tersebut.

Rajin menyerang, Bayern justru kecolongan pada menit ke-77. Olivier Giroud menyundul umpan Santiago Cazorla dari sepak pojok dan gagal dibendung oleh Neuer.

Jelang bubaran, Ozil melengkapi kemenangan Arsenal dengan skor 2-0 usai menghujam gawang Bayern dengan tembakan kaki kirinya yang mendatar dari jarak dekat. Gol itu tak lepas dari kecerdikan Hector Bellerin mengirim umpan.

Meski kalah, Bayern tetap memuncaki klasemen Grup F dengan enam poin dari tiga laga. Arsenal naik ke peringkat ketiga sementara dengan tiga poin usai membungkam anak asuh Josep Guardiola.

Dari laga lain, Olympiakos menang tipis atas tuan rumah Dinamo Zagreb berkat gol semata wayang Aide Brown Ideye pada menit ke-79. Olympiakos kini menghuni posisi kedua dengan koleksi enam poin lantaran kalah produktivitas gol dari Bayern dan Dinamo terbenam di dasar klasemen dengan poin tiga.

SUSUNAN PEMAIN

ARSENAL: Petr Cech, Per Mertesacker, Laurent Koscielny, Nacho Monreal, Hector Bellerin, Mesut Ozil, Aaron Ramsey (Alex Oxlade-Chamberlain 57′), Alexis Sanchez (Kieran Gibbs 82), Santi Cazorla, Francis Coquelin, Theo Walcott (Olivier Giroud 74′)
BAYERN MUNCHEN: Manuel Neuer, Jerome Boateng, Juan Bernat, Philipp Lahm, David Alaba, Thiago Alcantara, Douglas Costa, Xabi Alonso (Joshua Kimmich 70′), Arturo Vidal (Rafinha 71′), Thomas Mueller, Robert Lewandowski

You might also like More from author