Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Berita Terkini: Ragnar Klavan Terinspirasi Kiprah Sami Hyypia di Liverpool

160

Merintis karier bersama Liverpool, Ragnar Klavan mengaku terinspirasi dengan figur Sami Hyypia. Kebetulan pula, keduanya sama-sama berasal dari negara dengan kultur sepak bola yang tidak terlalu kental. Klavan dari Estonia, sedangkan Hyypia dari Finlandia.

Klavan memang datang ke Anfield pada usia yang tak lagi muda, yaitu 30 tahun. Namanya pun kurang populer di kalangan pencinta sepak bola. Namun, penampilannya mampu memikat mata para fans ketika tampil apik pada dua laga pramusim terakhir The Reds.

Para penggemar Liverpool pun mulai membandingkan Klavan dengan pemain yang pernah mereka puja, Hyypia. Hal yang membuat Klavan merasa sangat tersanjung.

“Hyypia jelas adalah pahlawan saya. Saya menontonnya kala masih bermain di Liverpool dan seorang bek yang luar biasa. Hyypia memberikan pengaruh besar pada karier saya. Sebagai pemain Finlandia dia bisa sukses di Liverpool, juga dengan Jari Litmanen,” tuturnya kepada Futbolgrad.

Klavan mengaku memang sulit mencari pesepak bola yang benar-benar berkualitas dan mampu menembus level tertinggi di Eropa terutama Estonia.

“Sangat sulit. Mungkin hanya ada satu pemain yang muncul dan tampil istimewa tiap 10 tahun terakhir. Saya berharap Asosiasi Sepak Bola Estonia bisa mengubah itu,” jelasnya.

“Jelas saya ingin yang terbaik untuk negara saya. Semakin banyak pemain yang bisa bermain di eropa untuk membuat timnas semakin kuat. Semua mencoba memberikan yang terbaik tapi secara kualitas masih sangat sulit,” pungkas dia.