‘Big Sam’ Kandidat Suksesor Advocaat

145

Sunderland terus berusaha mencari pengganti Dick Advocaat pascamundur dari jabatan manajer pada akhir pekan lalu. Seperti dilansir talkSPORT, Sam Allardyce menjadi kandidat kuat manajer baru The Black Cats.

Allardyce tengah menganggur sejak meninggalkan West Ham United pada akhir musim lalu. Di tengah keterbatasan waktu, pemilih Sunderland, Ellis Short kabarnya menjadikan Allardyce incaran utama.

Sosok Allardyce dianggap mampu mendongkrak performa Sunderland. John O’Shea dan rekan-rekan belum sekali pun mengemas kemenangan dari delapan pertandingan awal musim ini. Alhasil, Sunderland pun hanya mampu menempati posisi buncit di klasemen sementara.

Jam terbang yang tinggi merupakan salah satu perhitungan Sunderland ketika melirik Allardyce. Beberapa klub yang pernah ditangani manajer berjuluk Big Sam itu adalah Bolton Wanderers (1999-2007), Newcastle United (2007-08), Blackburn Rovers (2008-2010) dan West Ham (2011-2015).

Rencana Sunderland merekrut Allardyce didukung mantan manajernya, Gus Poyet. “Dia memiliki pengalaman sebelumnya di North East (saat melatih Newcastle). Dia mengetahui luar dan dalam, dia jelas tahu apa yang dibutuhkan sebuah klub untuk bertahan di ,” katanya.

Musim lalu, Sunderland berhasil lolos dari jurang degradasi. Melempem di bawah kendali Poyet, manajemen The Black Cats akhirnya menunjuk Advocaat hingga akhirnya berhasil menghuni posisi ke-17 atau satu tingkat di bawah zona degradasi.

Sebagai info, dalam tujuh musim terakhir, Sunderland telah berganti delapan manajer termasuk Advocaat.