Cerita Pemain Kulit Hitam Pertama Timnas Inggris Melawan Rasialisme

Football5star.com, Indonesia – Pemain kulit hitam pertama di tim nasional Inggris, Viv Anderson, mengungkapkan sosok penting dalam kariernya. Terutama dalam melewati masa sulit melawan intimidasi ras yang ia terima selama bermain.

Sosok tersebut adalah mantan manajernya di Nottingham Forest, Brian Clough. Salah satu pelatih legendaris dari tanah Britania itu adalah figur penting dalam kariernya sebagai pemain.

“Pernah suatu kali ketika aku berada di Carlisle, aku duduk di pinggir lapangan sementara yang lain latihan. Ia datang kepadaku dan bilang ‘bukankah kau seharusnya berlatih?’ aku bilang ‘mereka melempariku dengan apel dan pir’, kata Anderson seperti dikutip dari iTV.

Viv Anderson - Brian Clough - Nottingham Forest - Football5star
gettyimages

“Setelah itu, reaksinya sungguh tidak terduga. Ia berkata, ‘Cepat ke sana ambilkan aku dua buah apel, pisang dan pir’ Ketika di ruang ganti, ia bilang kepadaku bahwa jika tidak melawan, selamanya mereka akan mendikteku,” sambungnya.

Anderson menjalani 10 musim bersama Forest sejak 1974 hingga 1984. Dalam kurun waktu tersebut, ia turut membantu timnya memenangkan sejumlah trofi seperti juara Divisi Utama satu kali, Piala Liga, dan dua kali Liga Champions.

“Cloughie selalu mengatakan padaku untuk berani mengambil tindakan karena hal-hal seperti itu tidak bisa dibiarkan. Dia tidak ingin aku terpengaruh dengan segala intimidasi,” katanya lagi.

Pria kelahiran Nottingham tersebut mencatatkan 34 penampilan untuk tim nasional Inggris sepanjang kariernya dan mengemas tiga gol. Debutnya terjadi pada Kualifikasi Piala Erop Grup G melawan Bulgaria dan langsung dimainkan penuh.

Comments
Loading...