Pantas Saja Perolehan Gol Costa Menurun

85

Kurang bugar berupa kelebihan berat badan diyakini membuat performa striker Diego Costa di Chelsea pada musim ini melempem. Namun, sebenarnya apakah bentuk nyata dampak tubuh Costa yang kegemukan?

Efeknya ternyata begitu kentara. Costa sering melakukan kesalahan mendasar di atas lapangan. WhoScored mencatat pemain kelahiran Brasil ini merupakan pemain dengan kontrol bola terburuk di Premier League pada musim ini.

Costa mudah sekali kehilangan bola akibat gagal mengontrol dengan baik. Menurut WhoScored, Costa raat-rata melakukan 3,5 kesalahan tersebut dalam sepuluh pekan di Premier League. Catatan itu lebih buruk 0,1 kali dibanding pemain West Ham United, Diafra Sakhi dan Sadio Mane yang sama-sama membuat kesalahan serupa sebanyak 4,3 kali per laga.

Bagi striker seperti Costa, kelemahan tersebut merupakan kerugian besar. Sebab, bagi striker seperti Costa, sangat vital untuk punya kontrol bola yang baik. Pasalnya, sebagai penyerang, dia bakal ditempel ketat oleh defender. Dia hanya punya kesempatan minim untuk menguasai bola. Hal itu akan menyulitkannya untuk mencetak gol karena gagal mengontrol bola dengan baik.

Buktinya sekarang terlihat nyata. Costa baru membuat dua gol di Premier League dari delapan penampilan pada musim ini. Padahal, sebagai perbandingan, pada jumlah laga yang sama pada musim lalu, Costa sudah membuat sepuluh gol.

Manajer Jose Mourinho dituntut untuk segera mampu memperbaiki kinerja Costa. Jika tidak, perolehan gol Costa bakal terus menurun.

You might also like More from author