City Keropos Tanpa Kompany

226

Performa Manchester City belakangan tidak konsisten dan kerap menelan kekalahan. Salah satu alasan mengapa The Citizens seperti itu adalah mereka merindukan kehadiran Kompany di lini belakang.

Dari tujuh pertandingan terakhir di seluruh kompetisi sejak awal November lalu, City sudah menelan tiga kekalahan. Sisanya ada tiga laga dimenangi dan tiga imbang. Dalam periode itu, gawang City cuma satu kali clean sheet.

Hal ini tak lepas dari absennya kapten sekaligus bek tengah mereka, Kompany, yang beberapa kali didera cedera betis. Pemain internasional Belgia itu cuma 11 kali bermain musim ini dengan sumbangan dua gol, kalah dari jumlah absennya yang mencapai 12 laga.

Selama Kompany absen, City memang berhasil menang tujuh kali dan lima kali kalah. Namun, dari 12 pertandingan, hanya sekali gawang mereka tak kebobolan.

Sementara jika Kompany bermain, City hanya sekali kalah dan delapan kali menang serta mencatatkan tujuh kali clean sheet. Statistik yang ada ini menegaskan Kompany begitu penting untuk lini belakang City.

Maka wajar jika duet penggantinya, Nicolas Otamendi dan Eliaquim Mangala, dikritik dan dinilai gagal mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Kompany. Apalagi dalam lima laga terakhir di mana Kompany absen, City cuma menang dua kali dan kalah tiga kali termasuk dibantai 1-4 oleh Liverpool.

Meski demikian, Manuel Pellegrini selaku manajer City membantah anggapan timnya terlalu bergantung pada Kompany.

“Musim lalu kami menyelesaikan enam laga terakhir tanpa Vincent. Kami menang enam kali dan mencatatkan empat clean sheet,” kata Pellegrini dikutip Manchester Evening News.

“Itu bergantung pada performa dari individu-individu. Itu bergantung pada banyak hal. Selama dua tahun terakhir, kami sudah memainkan banyak pertandingan tanpa para pemain penting,” sambungnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.