Dua Pemain Premier League Akan Mengaku Sebagai Gay

Orientasi seksual ke sesama jenis masih merupakan hal tabu dalam sepak bola. Namun, hal itu tidak menghalangi niat dua pemain Premier League untuk membuka statusnya sebagai gay beberapa waktu ke depan.

Daily Mirror mengklaim saat ini ada dua pesepak bola Premier League yang hendak mengungkap orientasi seksual sesama jenis kepada publik. Identitasnya masih dirahasiakan oleh mereka, namun satu di antaranya merupakan pemain asal Inggris yang membela The Three Lions.

Tindakan dua pemain itu pun diklaim Daily Mirror telah mendapat dukungan banyak pihak. Klub maupun asosiasi sepak bola Inggris, Football Association juga merestui putusan dua pemain tersebut.

“Stigma miring sudah lama hilang dan publik kini telah mulai bisa menerima,” kata seorang sumber kepada Daily Mirror. “Di level sepak bola ini menjadi gay merupakan halangan terakhir. Olahraga ini sudah sekian lama menjadi permainan macho. Sayangnya, dibanding olahraga lain, sepak bola mungkin paling sering diwarnai agresi di stadion. Tapi, angin telah berubah. Banyak olahraga yang mulai membuka diri untuk kaum gay.”

Hingga kini gay masih merupakan hal tabu dalam sepak bola. Sangat jarang ada pemain gay yang berani membuka diri baik terhadap rekan setim apalagi kepada publik. Tahun 2011, ada seorang pemain yang mengungkap rahasia itu kepada rekan setim. Namun, dia malah menerima terror berupa corat-coret di mobilnya.

Alhasil, banyak pemain yang memilih bungkam. Jikapun mengaku sebagai gay bakal dilakukan usai bermain. Salah satu contoh adalah pemain Jerman, Thomas Hitzlsperger. Dia mengaku sebagai gay usai pensiun pada tahun lalu.

BERITA TERKINI