Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Everton Belum Bisa Move On dari Lukaku

147

Football5Star.com, Indonesia – Mantan kapten Everton, Phil Neville, menilai keterpurukan The Toffees sejauh ini karena belum bisa move on dari Romelu Lukaku. Menurut dia, Everton belum menemukan pengganti sepadan dalam urusan membobol gawang lawan. Kepergian Lukaku, kata dia, adalah masalah utama The Toffees saat ini.

“Mereka sangat terpuruk karena tak mampu menggantikan Romelu Lukaku. Itulah alasan utama Everton memulai musim ini dengan sangat buruk,” tutur Neville seperti dikutip¬†Liverpool Echo, Sabtu (21/10/2017).

Musim lalu, Lukaku memang sumber gol utama The Toffees. Sepanjang musim, dia mengemas 25 gol di Premier League. Itu terpaut jauh dari pemain tersubur kedua, Ross Barkley, yang hanya mencetak lima gol. Dalam delapan laga awal saja, penyerang asal Belgia itu mampu mencetak enam dari 12 gol The Toffees.

Musim ini, hanya lima gol yang sanggup dibuat anak-anak asuh Ronald Koeman dalam delapan pekan awal. Kelima gol itu pun hanya dibuat oleh dua pemain. Wayne Rooney tiga kali menjebol gawang lawan, sedangkan Oumar Niasse menceploskan dua gol. Sementara itu, di Manchester United, Lukaku sudah membuat tujuh gol dari sembilan penampilan di Premier League.

Gilfy Sigurdsson dan Wayne Rooney tak mampu gantikan Romelu Lukaku.
footballwhispers.com

Atas dasar itu, Neville menilai para fans salah besar bila menilai keterpurukan Everton saat ini karena ketidakbecusan Koeman. Mantan pemain Man. United tersebut secara gamblang mendukung manajer asal Belanda itu untuk tetap bertahan di kursinya.

“Ada begitu banyak kualitas pada diri manajer (Koeman),” ungkap Neville lagi. “Para fans harus memberi dukungan kepada Koeman. Saya kira, dia akan mampu membalikkan keadaan. Mereka belum bermain dengan cukup baik. Saya kira Koeman belum menemukan sistem atau cara main yang sesuai untuk para pemainnya. Namun, saya yakin mereka akan bangkit dan saya pikir Koeman adalah orang yang akan melakukan itu.”

Mantan penggawa timnas Inggris itu pun yakin manajemen The Toffees tak akan gegabah. Dia yakin mereka akan memberi kesempata kepada sang manajer. “Tak semenit pun saya berpikir Everton akan memecat Koeman,” tandas dia. “(Chairman) Bill Kenwright bukan tipe orang yang memecat manajer setelah enam, tujuh, delapan laga buruk. Mereka selalu mendukung manajer dan kali ini pun pasti begitu.”