Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Dominic Calvert-Lewin, Sang Kreator Gol Rooney

223

Football5Star.com, Indonesia – Wayne Rooney memang menjadi sosok protagonis saat Everton tampil apik pada dua pertandingan pertama Premier League musim ini. Namun, kehebatan Rooney itu tak lepas dari rekannya di lini depan, Dominic Calvert-Lewin.

Pemain bernama lengkap Dominic Nathaniel Calvert-Lewin itu merupakan kreator gol seluruh Everton pada pertandingan melawan Stoke City dan Manchester City yang diborong oleh Rooney.

Rooney pun berterima kasih atas pemberian umpan dari mitranya di lini depan. Dia bahkan memuji pergerakan pemain berusia 20 tahun itu sehingga memudahkan dirinya mencetak gol.

“Calvert-Lewin telah berbuat fantastis bagi tim ini. Dia bisa memegang bola sehingga memancing lawan menjaganya,” kata Rooney seusai pertandingan melawan Manchester City, Senin (21/8/2017).

Dengan posturnya yang tegap, Calvert-Lewin pasti akan dianggap sebagai penyerang dengan kemampuan mengandalkan postur jangkungnya. Hal itu juga diakui mantan pelatihnya di Sheffield United, Nigel Clough.

“Dia merupakan pemain besar dengan kemampuan teknis bagus. Calvert-Lewin akan bisa menang duel udara melawan siapa pun,” kata Clough.

Akan tetapi, dalam proses penciptaan gol Rooney, bukan dengan keunggulan postur itu Calvert-Lewin mengumpan. Dia membuktikan bahwa punya kelebihan lain dari sekadar duel udara.

Pada laga versus Stoke, dia melepas umpan silang yang langsung disambut sundulan oleh Rooney. Seperti kata Rooney, pemain bernomor punggung 29 itu tak ragu bergerak melebar untuk membuka ruang.

Pergerakan dari sayap juga ditunjukkan Calvert-Lewin pada laga versus Man City. Bedanya, kali ini dia berani merangsek ke jantung pertahanan lawan sebelum melepas umpan tarik yang diteruskan Rooney.

 

Pilar timnas U-20

Pada pertandingan Man City, jasa pemain kelahiran 16 Maret 1997 itu  bagi Everton bukan cuma assist. Pergerakan sulit dia juga membuat Kyle Walker kesulitan menjaganya sehingga mendapatkan kartu merah.

“Calvert-Lewin tampil bagus, banyak berlari dan mempersulit bek Man City. Lalu, tiba-tiba dia muncul di kotak penalti dan mengendalikan segalanya,” kata Ronald Koeman, manajer Everton, memuji.

Jebolan Akademi Sheffiel United itu sudah 13 kali tampil di Premier League dan mencetak satu gol. Dia membukukan gol itu ke gawang Hull City pada 18 Maret lalu.

Dengan usia yang masih belia, dia masih punya potensi untuk terus berkembang. Apalagi, tandemnya di lini depan bisa dijadikan mentor, Rooney.

Saat ini, Calvert-Lewin merupakan bagian dari tim nasional U-20 Inggris. Pemain yang dibeli Everton dari Sheffield United pada 2016 itu berjasa mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia U-20 pada Juni lalu.