FA Hukum Wasit yang Lupa Bawa Koin

Football5star.com, Indonesia – Kejadian memalukan terjadi di Inggris. Seorang wasit Inggris bernama David McNamara dihukum FA – federasi sepak bola Inggris – karena lupa membawa koin saat menjalani undian menjelang sepak mula.

Kejadian itu bermula ketika pertandingan Women Super League yang mempertemukan antara Manchester City melawan Reading pada 28 Oktober 2018. McNamara lupa membawa koin yang tertinggal di ruang ganti sebelum pertandingan dimulai.

Menyadari koin yang seharusnya ia bawa tertinggal di ruang ganti, McNamara tetap melanjutkan pertandingan. Alih-alih kembali ke ruang ganti, McNamara memutuskan untuk menggunakan suten batu, guntin, dan kertas untuk menentukan klub mana yang memulai laga lebih dulu atau memilih gawang.

Atas kelalaian yang ia lakukan, McNamara mendapatkan hukuman 21 hari tidak boleh memimpin pertandingan oleh FA. FA memberikan kesempatan kepada McNamara untuk mengajukan banding.

Joanna Stimpson, perwakilan dari Dewan Wasit Perempuan FA menyebut keputusan dari McNamara adalah keputusan yang memalukan. Meksipun ia menyadari sang pengadil memiliki alasan salah satunya adalah mepetnya waktu sepak mula.

“Wasit lupa koinnya dan pada saat itu waktunya sangat mepet. Itu adalah hal yang gila. Dia merasa keputusannya benar, namun kemudian ia menyadari keputusannya tak benar.”

Stimpson menyebut sang wasit tak siap dalam memimpin pertandingan. Hal inilah yang disebut oleh Stimpson sebagai tindakan yang tidak profesional.
FOX Sport

“Ini tak bisa diperbolehkan. Dia harusnya lebih siap dan membawa koinnya, tapi ia lupa. Ini hal yang memalukan dan tidak tepat dan itu sangat tak profesional.

FA pun mengeluarkan rilis resmi mengenai kelalaian dari wasit yang berada yang ada di bawah kendali FA. FA menskors McNamara sellama 21 hari dan bisa kembali memimpin pertandingan pada Desember.

“FA dapat mengonfirmasi bahwa wasit David McNamara diskors selama 21 hari, mulai Senin 26 November 2018 setelah melakukan tindakan yang benar dalam pertandingan. Ini terkait insiden dalam pertandingan Women Super League antara Manchester City dan Reading pada Jumat 26 Oktober ketika dia gagal dalam menentukan tim mana yang memulai pertandingan sesuai dengan Laws of the Game. McNamara akan kembali bertugas pada Senin 17 Desember 2018.”

Comments
Loading...