Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Ferguson Pernah Menampik Silva

116

Mantan manajer Manchester United, Alex Ferguson membuat pengakuan mengejutkan. Dia menilai pemain Manchester City, David Silva tidak akan cocok di timnya.

Ferguson mengaku sudah mengamati Silva yang mulai bersinar di Valencia. Dia sempat berpikir untuk merekrut pemain asal Spanyol tersebut. Namun, Ferguson merasa kurang mantap memilih Silva. Ada keraguan yang membuatnya mengurungkan niat.

“Saya sering mengamati Silva di Valencia. Pemain mereka yang lain dengan peran serupa, pemain ’bertipe nomor 10’ beberapa tahun sebelumnya juga kami amati,” kata Ferguson kepada Sirius XM. “Masalahnya adalah pemain tersebut harus sangat-sangat bagus. Sebab, dia tidak memiliki kewajiban untuk bertahan.”

Alasan itulah yang membuatnya mengurungkan niat menggaet Silva. Ferguson meragukan kemampuan Silva. Akhirnya, pada 2010, Silva direkrut oleh Manchester City. Silva menjadi salah satu pemain terbaik di dan mengantar The Citizens meraih juara.

Ferguson lebih menyukai pemain yang juga memiliki kemampuan bertahan baik. Dia memilih menggaet pemain seperti Shinji Kagawa dan Anderson untuk menjalani peran sebagai “pemain bernomor 10” di Red Devils. Namun, pilihan Ferguson salah. Kagawa dan Anderson tidak mampu tampil baik di Man. United.

“Saya memang agak kesulitan dengan ’pemain nomor 10’. Namun, pada akhirnya memang ada para pemain terbaik. Anda bisa menyebutkan Lionel Messi, Diego Maradona, atau beberapa pemain hebat lain, saya tidak akan meragukannya. Namun, kami selalu bermasalah dengan pemain tersebut. Pemain ’nomor 10’ yang saya pilih berdasar dari pengalaman saya sebagai pesepak bola,” tutur Ferguson.

Sebelum Kagawa dan Anderson, Ferguson memang gagal mengeluarkan kemampuan terbaik pemain bertipe ’nomor 10’. Juan Sebastian Veron adalah salah satu contohnya. Veron tidak bersinar seperti saat bermain di Lazio setelah dibeli Man. United.