Gelar City Musim Ini Samai Rekor yang Pernah Dibuat United

205

Football5Star.com, Indonesia – Manchester City baru saja meresmikan gelar Liga Inggris kelimanya sepanjang sejarah. Kepastian anak asuh Pep Guardiola merengkuh trofi pekan ini tak lepas dari kekalahan yang diterima Manchester United atas West Bromwich Albion dengan skor 0-1 di Old Trafford.

Dari data yang dilansir Opta, kepastian juara The Citizen pada pekan ke-33 membuat mereka saat ini menyamai rekor yang pernah ditorehkan United. Pada musim 1907-1908 dan 2000-2001, Setan Merah juga mengangkat trofi pada pekan yang sama.

Selain United, rekor ini juga menyamai torehan yang dibuat Everton di musim 1984-1985 ketika berhasil mengunci gelar, yang dulu masih bernama First Division, saat kompetisi masih menyisakan lima laga lagi.

Fakta unik lainnya yang menaungi keberhasilan klub yang bermarkas di Etihad Stadium ini adalah United itu sendiri. Bagaimana tidak, pesta juara Gabriel Jesus dkk pekan lalu harus tertunda ketika dikalahkan anak asuh Jose Mourinho 2-3.

@OptaJoe

Tapi sepekan kemudian, justru kekalahan United di Old Trafford lah yang memastikan juara Kevin De Bruyne dkk yang sempat mereka gagalkan.

Selain karena kekalahan MU, trofi City ini juga tidak lepas dari keberhasilan mereka mengalahkan Tottenham Hotspur, Minggu (15/4/2018) dinihari WIB dengan skor 3-1. Saat itu, Gabriel Jesus, Ilkay Guendogan, dan Raheem Sterling memastikan kemenangan The Sky Blues.

Di sisi lain, kesuksesan Guardiola membawa timnya juara Premier League menjadikannya satu-satunya pelatih Spanyol yang berhasil mengangkat trofi tersebut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.