Guardiola akan Akhiri Karier Melatih di La Masia

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Pep Guardiola tak diragukan lagi adalah salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Di usia yang belum terlalu tua, dia sudah memenangkan hampir semuanya. Bahkan, filosofi bermainnya banyak dipuji berbagai pihak. Dan baru-baru ini, pria Spanyol ini mengutarakan rencananya untuk pensiun melatih.

“Tujuanku adalah menyelesaikan karier di tempat aku memulainya dulu. Karier terakhirku saat melatih adalah di La Masia bersama Barcelona,” ujar Guardiola dikutip dari wawancaranya bersama televisi Spanyol, Movistar+.

Sejak muncul ke permukaan sebagai pelatih muda di tahun 2008, Guardiola langsung menggebrak. Dia melepas beberapa pemain penting Barcelona dari Deco hingga Ronaldinho. Tak hanya itu, dia lalu merombak sistem main warisan Frank Rijkaard. Sergio Busquets diperkenalkan ke dunia, bersama sang megabintang utama, Lionel Messi.

Guardiola

Bersama Barcelona, Guardiola langsung bertabur prestasi. Dari 247 laga memimpin Blaugrana, raihan poin per pertandingannya ada di angka menawan, 2.36. Di musim perdananya bersama Barcelona, pria asli Catalonia ini bahkan langsung raih treble winners. Total selama empat musim di Camp Nou, ia memenangi 3 gelar LaLiga, 3 gelar Copa del Rey, 3 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Liga Champions, dan masing-masing 2 gelar Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Sempat sabbatical, Guardiola yang kembali ke dunia manajerial bersama Bayern Munich dan Manchester City kemudian, masih tak terhentikan dalam urusan meraih gelar. Di bawah kendalinya, Bayern sangat mendominasi Bundesliga dan kompetisi domestik. Hengkang ke Inggris pun, musim lalu dia akhirnya memenangkan trofi Premier League dan Piala Liga.

Kontraknya sendiri baru akan berakhir pada Juni 2021. Dengan usia sekarang masih 47 tahun, tiga tahun mendatang Guardiola baru akan berusia 50 tahun. Dan agak sulit melihat pelatih idealis dan ambisius sepertinya pensiun melatih di usia 50.

Comments
Loading...