Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Guardiola Sedih Oleh Situasi di Spanyol

157

Football5star.com, Indonesia – Manajer Manchester City, Pep Guardiola, angkat suara atas keputusan pemerintah Spanyol menghapus hak otonom Katalonia. Ia mengklaim hal ini adalah sebuah langkah mundur dalam demokrasi.

Pada Sabtu (21/10/2017), Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengumumkan bahwa Katalan tidak lagi memiliki hak istimewa. Keputusan tersebut diambil sebagai buntut dari referendum kemerdekaan yang diselenggarakan Katalonia tanpa izin dari pemerintah Spanyol beberapa pekan lalu.

Seperti yang kita ketahui, hasil referendum mengungkapkan bahwa mayoritas warga Katalonia menginginkan kemerdekaan. Namun, hasil itu tidak diakui oleh pemerintah Spanyol.

Guardiola, yang merupakan pria asli Katalonia , menyayangkan situasi di tanah kelahirannya. Ia mengaku tidak percaya hal ini akan terjadi di abad ke-21.

“Ini adalah hal yang sangat menyedihkan. Parlemen Katalonia bahkan lebih tua dari parlemen Spanyol sendiri,” kata Guardiola seperti yang dikutip Sky Sports.

Menurutnya, langkah yang diambil pemerintah Spanyol adalah sebuah kemunduran.

“Warga Katalan hanya ingin pemungutan suara. Mereka ingin didengar. Biarkanlah mereka mengatakan hal yang mereka ingin katakan,” ucap sosok berusia 46 tahun itu.

“Ini adalah hari yang menyedihkan bagi demokrasi. Keinginan masyarakat seharusnya lebih kuat dibandingkan segala hukum,” tutur dirinya.

Guardiola sendiri tengah menjalani periode positif bersama The Citizens. Kemenangan 4-2 atas Watford dalam laga lanjutan Premier League di Stadion Etihad kemarin membuat mereka semakin kukuh di puncak klasemen dengan total raihan 25 poin dari sembilan laga.