Inilah 10 Pergantian Aneh Van Gaal Di Man United

246

Kiprah Louis van Gaal di Manchester United tak lepas dari kritik. Teranyar, manajer asal Belanda ini dikritik lantaran kerap membuat beberapa pergantian-pergantian yang terbilang mengherankan.

Dicatat oleh Manchester Evening News, Van Gaal setidaknya membuat 10 pergantian yang membuat para fans garuk kepala. Berikut di antaranya:

  1. Burnley 0-0 Man United: Anderson menggantikan Di Maria (Agustus 2014)

Angel Di Maria mengalami cedera saat melakoni laga debutnya bersama Man United. Di bangku cadangan, Van Gaal memiliki tiga opsi penyerang antara lain Adnan Januzaj, Danny Welbeck, dan Javier Hernandez. Entah mengapa, Van Gaal justru memilih Anderson di saat Man United membutuhkan inspirasi serangan.

  1. Leicester 5-3 Man United: Mata menggantikan Di Maria (September 2014)

Man United sempat unggul 3-1 lebih dahulu sebelum akhirnya kedudukan kembali imbang 3-3 pada menit ke-64. Anehnya, Di Maria, yang menyumbangkan satu gol dan satu assist di laga ini justru ditarik keluar oleh Van Gaal pada menit ke-76. Sang pengganti, Juan Mata, justru melakukan kesalahan yang berujung pada terciptanya gol Jamie Vardy.

  1. Stoke 1-1 Man United: Januzaj menggantikan Falcao (Januari 2015)

Man United membutuhkan gol di babak kedua. Tetapi Van Gaal justru menarik Falcao yang mencetak satu-satunya gol bagi Man United di laga ini. Sang pengganti, Adnan Januzaj, pun bermain lebih buruk daripada Falcao.

  1. Man United 1-2 Arsenal : Carrick menggantikan Ander Herrera (Maret 2015)

Untuk meladeni gelandang-gelandang licin seperti Santi Cazorla, Mesut Oezil, dan Francis Coquelin, Van Gaal menurunkan Daley Blind sebagai jangkar. Meski Blind tak bermain buruk, Man United justru sulit mengembangkan permainan dari tengah. Yang aneh, Van Gaal malah menarik Ander Herrera yang notabene satu-satunya gelandang kreatif yang tampil sejak menit awal.

  1. Man United 0-0 Newcastle: Carrick menggantikan Schweinsteiger (Agustus 2015)

Steve McClaren melakoni laga ketiganya sebagai manajer Newcastle, tetapi Van Gaal justru tak berani melakukan pergantian yang sedikit ekstrem. Van Gaal memilih untuk memasukkan Michael Carrick sebagai penyeimbang ketimbang Herrera.

  1. PSV 2-1 Man United: Fellaini menggantikan Herrera (September 2015)

Marouane Fellaini merupakan salah satu pemain pengganti favorit Van Gaal di Liga Champions. Saat menghadapi PSV dan CSKA di kandang, gelandang berambut kribo ini selalu masuk di babak kedua. Akan tetapi keputusan Van Gaal untuk menurunkannya justru tak memberikan hasil signifikan. Man United selalu kalah atau gagal mencetak gol saat Fellaini tampil.

  1. Man United 2-1 Wolfsburg: Pereira menggantikan Memphis (September 2015)

Red Devils berbalik unggul pada menit ke-62. Enam menit berselang, Van Gaal justru memasukkan Andreas Pereira di depan menggantikan Memphis Depay. Pergantian ini terbilang riskan. Pasalnya, Man United nyaris saja kebobolan saat pemain berusia 19 tahun ini kehilangan bola.

  1. Watford 1-2 Man United: Rojo menggantikan Herrera (November 2015)

Van Gaal terbilang beruntung dalam keputusannya ini. Tampil dominan menghadapi tuan rumah, Van Gaal memilih untuk mempertahankan keunggulan ketimbang menambah gol. Saat Herrera cedera, Van Gaal pun memasukan Marcos Rojo. Malang, Rojo yang sedang jet-lag bermain tanpa arah dan membuat kesalahan yang berbuah penalti bagi Watford.

  1. Man United 0-0 PSV: Fellaini menggantikan Schweinsteiger (November 2015)

Empat hari usai laga vs Watford, Van Gaal kembali membuat pergantian yang mengherankan. Babak kedua baru berjalan 13 menit dan para pemain tengah mencoba mengimplementasikan instruksi saat jeda babak. Akan tetapi Van Gaal justru mengisyaratkan untuk mengganti pendekatan dengan memasukan Fellaini dan Ashley Young.

  1. Wolfsburg 3-2 Man United; Powell menggantikan Mata (Desember 2015)

Dalam kondisi genting membutuhkan kemenangan, Van Gaal malah menarik gelandang paling kreatif yang ada di lapangan, Juan Mata, dengan Nick Powell yang notabene belum pernah tampil sekalipun musim ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.