Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Jelang Hadapi Man. City, Sevilla Dinaungi Catatan Positif

108

Sevilla mendapat ujian berat pada matchday ke-3 Liga Champions saat berhadapan dengan Manchester City di Etihad, Kamis dini hari (22/10) nanti.

Klub asal Andalusia ini sebenarnya punya catatan yang cukup baik saat menghadapi tim-tim asal Inggris di kompetisi antar klub Eropa. Sepanjang sejarah, Sevilla telah empat kali berhadapan dengan wakil Inggris.

Dari total enam pertemuan, Sevilla meraih tiga kemenangan, dua kali seri, dan satu kekalahan.

Musim 2005-06 menjadi kesempatan pertama Sevilla bertandang ke Inggris. Tim yang saat itu ditangani Juande Ramos meraih hasil imbang 1-1 menghadapi Bolton Wanderers di fase grup Piala UEFA (kini Liga Europa).

Tak disangka-sangka ternyata penampilan perdana Sevilla di kancah Eropa jauh melebihi ekspektasi. Di musim tersebut, Sevilla sukses merengkuh Piala UEFA setelah mengalahkan wakil Inggris lainnya, Middlesbrough di partai final dengan skor telak 4-0.

Pada musim berikutnya, Sevilla kembali berkesempatan menghadapi Tottenham Hotspur di fase perempat final Piala UEFA. Lagi-lagi, Sevilla mampu menjungkalkan Tottenham dengan agregat 4-3.

Perjalanan Sevilla di musim tersebut kembali mulus hingga partai final. Klub yang bermarkas di Ramon Sanchez Pizjuan ini sukses mempertahankan gelar Piala UEFA dengan mengalahkan Espanyol dalam drama adu penalti.

Sevilla tercatat telah dua kali tampil di fase grup Liga Champions dan selalu lolos ke babak 16-besar. Pada kali pertama di musim 2007-08, Sevilla menjadi juara grup H yang berisikan Arsenal, Slavia Praha, dan Steaua Bucaresti.

Menariknya, kekalahan perdana Sevilla di markas klub Inggris didapat saat bertandang ke Arsenal. Sevilla kala itu dipaksa menyerah 0-3 oleh The Gunners.

Patut ditunggu apakah skuat asuhan Unai Emery ini mampu menahan gempuran Man. City saat melawat ke Etihad nanti.