Jelang Lawan Forest, Wenger Kenang Brian Clough

248

Football5star.com, Indonesia – Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengaku mengidolai manajer legendaris Nottingham Forest, Brian Clough. Menurutnya, Clough adalah salah satu manajer terbaik dalam sepak bola.

Arsenal akan menghadapi Forest dalam laga putaran ketiga Piala FA di The City Ground pada Minggu (7/1/2018).

Jika membicarakan Forest, tentu nama Clough tidak bisa dilepaskan. Selama menangani Forest dari tahun 1975 hingga 1993, ia sukses menjuarai dua titel Liga Champions, satu Liga Inggris, dan empat Piala Liga Inggris.

zimbio.com

Wenger menyatakan bahwa ia belajar banyak hal dari Clough, yang di matanya seperti sosok dari luar bumi.

“Saya menilai kepribadian yang ia miliki melebihi pencapaiannya. Ia adalah sosok spesial dalam sepak bola Inggris,” kata Wenger seperti yang dikutip Sky Sports.

“Kepribadiannya meninggalkan jejak penting dalam sejarah sepak bola. Jadi, ia akan selalu terkenang sebagai salah satu manajer terbaik sepanjang masa, di antara tiga atau empat yang terbaik dalam sepak bola Inggris,” tutur dirinya.

Pria asal Prancis itu menilai bahwa prestasi Clough sangat istimewa karena ketersediaan informasi mengenai klub lawan masih sangat terbatas di era tersebut.

“Semuanya sangat berbeda saat ini. Anda memiliki informasi dan hampir segala macam latihan dari setiap klub tersedia di internet,” ucap Wenger.

“Sebelumnya, Anda harus berjuang untuk mendapatkan informasi. Saya pernah mengendarai mobil di malam untuk melihat manajer bekerja. Saya menonton latihan mereka dan baru pulang keesokan harinya,” ujar dirinya.

Lebih lanjut, Wenger mengklaim bahwa prestasi Forest, yang menjuarai Liga Champions hanya dua musim setelah promosi ke divisi pertama Liga Inggris, tidak mungkin terulang di era sekarang.

“Para pemain terbaik dunia berkumpul di segelintir klub, jadi raihan Forest mustahil kembali terjadi. Saya tidak mengatakan bahwa ini adalah hal terburuk, tetapi semuanya memang telah berubah,” kata Wenger.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.