Kakaknya Membayar Mendiang Justin Fashanu Agar Tidak Mengaku Gay

Apr 1981: Portrait of Justin Fashanu of Norwich City. Mandatory Credit: Allsport UK /Allsport

Pengakuan sensasional dilakukan oleh kakak mendiang pemain Premier League, Justin Fashanu yang bernama John. Dia mengaku pernah hendak membayar sang adik agar tidak mengakui diri sebagai gay.

Justin Fashanu merupakan pesepak bola pertama yang berani mengakui orientasi seksual sesama jenis. Dia melakukannya pada 1990. Saat itu tindakannya sungguh kontroversial karena homoseksualitas tabu di dunia sepak bola.

Akan tetapi, Justin Fashanu berani mengakuinya meski sadar bakal ada konsekuensi berat berupa cibiran hingga penghinaan. Saat itu, sang kaka, John, mengaku sudah berusaha keras untuk menahan sang adik membuat pengakuan kepada publik. Bahkan, dia menyatakan hendak memberinya uang 75 ribu poundsterling (sekitar Rp1,5 miliar) agar Justin mengurunkan niatnya.

“Saya memohon, mengancam, dan melakukan apa pun yang saya bisa agar dia menggagalkan niat untuk membuat pengakuan kepada publik. Saya memberinya uang agar dia tidak membuat saya dan keluarga malu,” kata John.

Upaya John sia-sia. Justin Fashanu tetap mengungkap orientasinya seksual sebagai gay kepada publik dua hari berselang. Namun, John akhirnya bisa menerima sikap adiknya. Dia kini menilai adiknya telah dianggap pahlawan oleh beberapa pihak.

Justin Fashanu akhirnya meninggal dunia akibat bunuh diri pada 1998. Sesudah dia, tetap tidak banyak pesepak bola gay yang berani mengakui diri sebagai penyuka sesama jenis. Namun, dalam waktu dekat bakal ada dua pemain Premier League yang akan membuka diri. Identitas keduanya masih dirahasiakan, tapi dikabarkan salah satu pemainnya berasal dari Inggris.

BERITA TERKINI