Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kante Punya Atribut Gelandang Bertahan Terbaik di Eropa

307

N’Golo Kante banyak diminati klub-klub besar Inggris hingga Eropa seperti Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, serta Paris Saint-Germain. Cukup wajar jika melihat statistik Kante yang menjadikannya pemain dengan atribut gelandang bertahan terbaik di Eropa.

Performa Kante pada musim ini memang cukup mengejutkan. Keberhasilan Leicester City memuncaki klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-33 pun tak lepas dari andil pemain kelahiran Paris ini. Bahkan, dia juga masuk sebagai salah satu kandidat peraih penghargaan PFA Player of The Year.

Selain masuk sebagai salah satu kandidat pemain terbaik di Inggris, Kante juga behak disebut sebagai gelandang bertahan paling menonjol di lima liga major Eropa. Setidaknya klaim itu dibuat berdasarkan dua atribut: interception dan tackle won.

Di antara lima liga major Eropa seperti Premier League, Serie A, Primera Division, Bundesliga, dan Ligue 1, Kante memiliki catatan interception paling tinggi dengan total 134. Dengan hanya absen satu laga sepanjang musim, Kante menjadi figur sentral bagi Leicester melalui rasio 4,2 interceptions per game.

Menariknya, berdasarkan catatan atribut tersebut, di belakang Kante bercokol pemain asal Aston Villa, Idrissa Gueye, dengan torehan 131 interceptions per game. Sementara, peringkat ketiga hingga kelima ditempati nama-nama lain yang kurang begitu populer seperti Daniel Congre dari Montpellier (129 interceptions per game), Francesco Acerbi dari Sassuolo (114), dan Shkrodran Mustafi dari Valencia (113).

Tak cuma dalam hal interception, Kante juga terbaik urussan tackle di antara pemain-pemain di lima liga major Eropa. Gelandang berusia 25 tahun itu hingga pekan ke-33 mencatat 105 tackles won dengan rataan 3,3 per laga. Di antara para pemain Leicester, hanya Christian Fuchs yang terdekat dengan catatan Kante, tapi jaraknya pun cukup jauh yaitu 65 tackles won.

Soal atribut tackles won di lima liga major Eropa, Kante berada di peringkat teratas, unggul atas Jean-Daniel Akpa-Akpro dari Toulouse (98 tackles), Idrissa Gueye dari Aston Villa (96), Dennis Appiah dari Caen (93), dan Filipe Luis dari Atletico Madrid (89).

Berdasarkan dua atribut itu, tak heran Kante kini banyak diburu klub-klub besar Eropa. Chelsea bahkan berniat menjadikannya sebagai ‘The Next Claude Makelele‘ dan menggeser peran Nemanja Matic serta John Obi Mikel yang penampilannya kurang memuaskan pada musim ini. Harga 20 juta pounds diyakini menjadi klausul yang bisa membuat Kante keluar dari Leicester.