Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

“Klopp Bakal Orbitkan Talenta Muda Liverpool”

100

Komentar positif terus diterima Jurgen Klopp usai ditunjuk sebagai manajer baru Liverpool. Kali ini datang dari mantan anak asuh Klopp di Borussia Dortmund, Robert Lewandowski. Striker yang kini memperkuat Bayern Munchen itu meyakini, Klopp bakal mengorbitkan pemain muda dari akademi Liverpool.

Klopp sepakat menandatangani kontrak dengan Liverpool hingga tiga tahun ke depan menyusul pemecatan Brendan Rodgers beberapa waktu lalu. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu kabarnya menerima gaji tujuh juta euro per musim.

Selama menukangi Dortmund, Klopp beberapa kali memberi kepercayaan bahkan mengorbitkan karier pemain mudanya. Mario Gotze merupakan salah satu bukti nyata dari kegemaran Klopp memainkan pemain belia.

Gotze melakoni debut profesional bersama Dortmund pada pertengahan musim 2009-10. Tiga musim berikutnya, Gotze menjelma menjadi pemain penting bagi klub yang bermarkas di Signal Iduna Park tersebut sebelum hijrah ke Bayern Munchen pada musim panas 2013.

“Dia (Klopp) bisa mencermati dan akan menggunakan pemain muda tidak peduli berapa usianya. Dia tidak hanya mengincar pemain baru untuk dibeli, namun selalu mengamati para pemain akademi klub yang cukup bagus untuk digunakan pada taktiknya,” ujar Lewandowski, seperti dikutip dari Mirror.

“Anda bisa melihat itu pada pemain sekelas Mario Gotze. Dia ditarik dari akademi saat masih remaja oleh Jurgen dan diberi kesempatan karena telah melihat potensi dalam dirinya,” tukas bomber asal Polandia itu.

“Beberapa tahun kemudian, Mario menjadi salah satu pemain terbaik dunia dan mencetak gol kemenangan pada final Piala Dunia (2014 bagi Jerman). Itu bukan sekadar contoh, Jurgen senang mempromosikan pemain akademi dan lokal,” kata Lewandowski.

Boleh jadi, salah satu alasan kuat Liverpool merekrut Klopp adalah kesamaan visi dalam memaksimalkan talenta muda. Itu pula yang dilihat Liverpool pada diri Rodgers yang sempat mengorbitkan Raheem Sterling dan Jordon Ibe selama melatih The Reds.