Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Klopp: Kemenangan Atas Dortmund Buka Kembali Memori Istanbul

120

Liverpool secara dramatis berhasil melaju ke semifinal Liga Europa pada Jumat (15/4) dini hari tadi usai mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 4-3 pada leg kedua perempat final yang berlangsung di Anfield.

Berkat hasil ini The Reds unggul agregat 5-4 atas Dortmund setelah pada leg pertama lalu meraih hasil imbang 1-1.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, pun mengungkapkan hal yang menginspirasi dirinya dan tim saat posisi tertinggal pada 45 menit pertama leg kedua.

“Saat jeda dua babak, ada sebuah atmosfer bagus sejujurnya karena saya merasa senang dengan pertandingan–bukan dengan gol-golnya, tetapi dengan pertandingan secara umum,” ujar Klopp, dilansir Sky Sports.

“Saya katakan kepada anak-anak, saya tak ada di sana (Istanbul) tetapi beberapa pemain yang sedikit lebih tua dan sekarang bekerja sebagai pengamat di televisi, mereka kalah 3-0 pada babak pertama tetapi kemudian menang final Liga Champions. Jadi meskipun ini sepertinya sulit, tetapi pastinya mungkin dan kita harus mencobanya.”

Hal yang dibicarakan Klopp adalah partai final Liga Champions tahun 2005 yang berlangsung di Istanbul, Turki. Kala itu Liverpool tertinggal 0-3 dari Milan pada babak pertama. Namun, Steven Gerrard dkk saat itu berhasil menyamakan kedudukan jadi 3-3 pada babak kedua, dan Liverpool memenangkan Liga Champions lewat adu penalti.

“Dan para pemain melakukannya, ini bukanlah tim di Istanbul,” sebut Klopp.

Bagi Klopp mudah bagi dirinya untuk mendapatkan inspirasi dari kesuksesan Istanbul 2005 setiap kali Liverpool tertinggal. Pasalnya, ia juga menonton pertandingan final tersebut walaupun tak secara langsung.

Walau begitu, diakui mantan pelatih Dortmund itu, dirinya sendiri tak begitu merasa Liverpool dapat membalikkan keunggulan setelah tertinggal 0-2. Namun, lanjutnya, ia harus tetap memberi inspirasi kepada Philippe Coutinho dkk.