Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Klopp Manajer Asal Jerman Pertama Bagi Liverpool

130

Kehadiran Juergen Klopp di Liverpool menghadirkan beberapa catatan menarik. Salah satunya adalah untuk pertama kalinya The Reds merekrut manajer yang berasal dari Jerman.

Menurut catatan LFC History, sampai saat ini sudah ada 20 orang yang pernah menangani Liverpool sebagai manajer sebelum Klopp datang. Beberapa orang seperti Kenny Dalglish dan George Patterson pernah memanajeri The Reds dalam dua kesempatan berbeda. Namun, kebanyakan para manajer Liverpool berasal dari United Kingdom.

Selain Klopp, manajer The Reds yang berasal dari luar United Kingdom hanya Gerrard Houllier dan Rafael Benitez. Houllier merupakan manajer asal Prancis, sedangkan Benitez berkebangsaan Spanyol.

Negara asal manajer Liverpool kebanyakan berasal dari dalam negeri. Sampai saat ini, sudah ada sebelas orang Inggris yang menangani The Reds sebagai manajer. Roy Hodgson yang bekerja pada 2010 hingga 2011 merupakan orang Inggris terakhir yang memanajeri The Reds.

Momen perekrutan Klopp oleh The Reds juga spesial. Liverpool paling sering mengganti manajer pada akhir musim atau menjelang musim baru seperti bukan Juni, Juli, dan Agustus. Secara khusus, bukan Juli paling sering dipilih The Reds sebagai momen pelantikan manajer anyar. Sampai saat ini, Liverpool telah melantik manajer baru pada Juli sebanyak empat kali.

Klopp menjadi manajer pertama yang direkrut oleh Liverpool pada bulan Oktober. Namun, The Reds juga sering mengganti manajer pada pertengahan musim. Februari kerap dipilih oleh Liverpool untuk mengganti manajer. Mereka pernah melantik manajer anyar pada bulan tersebut sebanyak tiga kali. yakni saat merekrut William Edward Barclay, Mat McQueen, dan Ronnie Moran.

Kedatangan manajer pada tengah musim pernah memberikan cerita manis bagi Liverpool. Salah satunya ialah kesuksesan di bawah manajer Bill Shankly. Dia direkrut pada 1 Desember 1959 dan mempersembahkan sembilan trofi bagi The Reds. Tentu saja Klopp diharapkan oleh para pendukung Liverpool mampu mengikuti jejak para manajer sukses The Reds seperti Shankly.