Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Klopp-Moreno Sudah Klop, Problemnya Cuma Bahasa

95

Alberto Moreno merasa sudah klop dengan cara melatih Juergen Klopp sejauh ini. Tapi, satu masalah yang ingin Moreno tuntaskan adalah soal bahasa, di mana keduanya masih kesulitan untuk berkomunikasi langsung.

Baru setahun berseragam merah-merah, Moreno sudah merasakan polesan dua manajer berbeda. Datang di era Brendan Rodgers, Moreno awalnya menjadi pilihan utama.

Sayangnya, performanya menurun di sepertiga akhir musim lalu yang membuat kehilangan tempat di tim inti dan berlanjut di awal musim ini, ketika Rodgers memilih Joe Gomez untuk mengisi posisi bek kiri. Moreno pun hanya berstatus sebagai cadangan.

Namun, selepas laga kontra Norwich City beberapa pekan lalu, Moreno lantas mendapat lagi pos bek kiri yang dia pertahankan sampai saat ini, di mana Klopp yang jadi manajernya dan bukan lagi Rodgers.

Moreno sendiri sejauh ini merasa sudah nyaman dengan gaya melatih Klopp karena mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Kini hanya satu masalah yang harus Moreno, yakni kebisaannya dalam berbahasa Inggris.

Sejak pindah dari Sevilla, Moreno mengaku masih sulit bicara dalam bahasa Inggris dan Klopp pun hanya bisa berbahasa Inggris selain bahasa ibunya, Jerman.

“Dia banyak berbicara denganku. Aku merasa dia mempercayaiku. Dia banyak menghabiskan waktunya denganku,” tutur Moreno di Soccerway.

“Dia ingin aku melancarkan bahasa Inggrisku secepatnya, sehingga dia bisa langsung menyampaikan ide-idenya kepadaku. Aku harus memperbaiki Inggrisku. Untuk saat ini Lucas Leiva bertindak sebagai penerjemahku,” sambungnya.

“Aku belajar bahasa Inggris selama 1-2 jam sehari selama empat kali seminggu, tapi itu sedikit membosankan. Tapi faktanya dia banyak menghabiskan waktunya denganku, dan aku bisa tampil lebih oke di lapangan.”

“Dia bilang padaku untuk maju ke depan, menyerang. Ketika aku bertaha, dia bilang agar aku tampil agresif dan tetap dekat dengan pemain yang kujaga. Aku tak boleh takut ketika menyerang atau bermain dengan intensitas tinggi. Mencoba santai,” tutupnya.