Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Klopp Pernah Bercita-Cita Menjadi Dokter

156

Kualitas Juergen Klopp sebagai pelatih tak perlu diragukan. Borussia Dortmund berhasil dibawanya dua kali menjadi juara Bundesliga 1. Trofi Champions League juga nyaris diberikan pelatih eksentrik itu pada 2012-13. Namun prestasi itu gagal ia persembahkan karena Dortmund dikalahkan Bayer Muenchen di babak final.

Rekam jejak Klopp sebagai pelatih patut diacungi jempol. Namun uniknya, pelatih berusia 38 tahun itu ternyata tak bercita-cita berkecimpung di dunia lapangan hijau ketika masih muda. Justru, manajer anyar Liverpool itu ingin menjadi seorang dokter.

Nahas, keinginan Klopp tak sejalan dengan realita. Ia merasa dirinya kurang pintar sehingga harus mengubur dalam-dalam menjadi seorang dokter.

“Awalnya, saya ingin menjadi seorang dokter,” beber Klopp dalam ebook berjudul Reading the Game yang diluncurkan pada Kamis (26/11) di Inggris.

“Tugas dokter adalah membantu. Saya pikir saya masih memiliki sifat seperti itu sampai sekarang,” katanya dalam buku tersebut.

“Namun saya tidak akan berbohong, saya tak yakin cukup cerdas untuk berkarier sebagai dokter. Ketika mereka membagikan sertifikat A-Level, kepala sekolah saya mengatakan: ‘Saya berharap bisa sukses dengan sepak bola, karena ini tidak terlalu bagus untukmu’.”