Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Klopp Tak Mau Main-Main di Liga Europa

113

Liga Europa jadi salah satu target trofi Liverpool musim ini. Maka dari itu, Juergen Klopp memastikan ‘Si Merah’ bakal menurunkan skuat terkuat di ajang itu.

Semasa dimanajeri Brendan Rodgers, Liga Europa atau bahkan Liga Champions kerap jadi pilihan kedua di bawah Premier League. Rodgers kerap menurunkan tim lapis keduanya di ajang tersebut demi memprioritaskan finis empat besar di liga.

Hal itu menimbulkan anggapan bahwa Liverpool memang tidak serius di ajang tersebut, meski Liga Europa tetap menawarkan sebuah trofi yang bisa menambah koleksi medali juara di lemari The Anfield Gank.

Lain dulu, lain pula sekarang. Kini Klopp yang jadi manajer Liverpool dan manajer asal Jerman itu akan melakukan pendekatan berbeda dengan Rodgers. Klopp memastikan bahwa Liverpool bakal tetap menurunkan skuat terkuatnya di ajang itu, meski beberapa hari setelahnya mereka harus berlaga lagi di Premier League.

Hal itu terlihat di dua laga pertama Klopp di Liga Europa, melawan Rubin Kazan di kandang maupun tandang, di mana seluruh pemain terbaiknya diturunkan. Dua hari lalu, hanya Philippe Coutinho yang diistirahatkan.

“Perbedaannya tidak terlalu besar. Jika Anda bermain di Liga Champions, Anda bermain hari Rabu dan Sabtu. Apa bedanya (dengan Kamis dan Minggu)?” ujar Klopp seperti dikutip ESPN FC.

“Tidak ada yang bilang ‘Oke, ayo, hadapi Real Madrid dengan pemain-pemain berumur 17 tahun!’ — itu tidak adil untuk mereka. Mereka mendapat pengalaman, tapi bukan pengalaman yang seharusnya,” sambungnya.

“Apa yang akan Anda katakan kalau kami ke Kazan dengan pemain-pemain muda? Liga Europa adalah turnamen luar biasa,” lugasnya.

Setelah bermain imbang di tiga laga pertama, Liverpool membukukan kemenangan pertamanya di Liga Europa dengan mengalahkan Rubin Kazan 1-0. Tiga poin dari laga itu membawa Liverpool ke peringkat kedua klasemen Grup B dengan 6 poin.