Liverpool Bakal Banyak Berlari di Bawah Klopp

167

Gegenpressing ala Juergen Klopp salah satunya mengutamakan para pemainnya untuk lebih banyak berlari. Hal inilah yang para pemain Liverpool terus dalami agar semakin cepat memahami gaya melatih klopp.

Klopp menjulang bersama Borussia Dortmund berkat gaya gegenpressing (counter presssing). Dalam strategi tersebut, para pemain Klopp memeragakan permainan pressing penuh sebagai satu-kesatuan segera ketika kehilangan bola.

Di sini seluruh pemain akan langsung memburu bola dan secara ideal bisa merebut kembali dari lawan. Tujuannya demi mencegah potensi serangan balik lawan dan agar bisa langsung menguasai bola lagi. Strategi itu pun membutuhkan kesediaan para pemain untuk terus bergerak dan berlari.

Kini Klopp menjadi manajer Liverpool dan dia baru melatih di sana selama 2 pekan. Laga debut sudah dijalani Klopp saat Liverpool menahan imbang tuan rumah Tottenham Hotspur dengan skor 0-0.

Emre Can, sebagai satu-satunya pemain Jerman dan pernah melawan Klopp saat masih memperkuat Bayer Leverkusen, tentu paham bagaimana racikan pelatih 48 tahun tersebut. Maka dari itu, Can pun meminta rekan-rekannya di Liverpool untuk lebih siap beradaptasi dengan gaya main Klopp.

“Ketika bermain sepakbola, Anda harus banyak berlari. Anda harus melakukan lebih banyak sprint dan statistik memperlihatkan kami sudah berlari lebih lama dan membuat sprint lebih banyak,” ujar Can di situs resmi Liverpool.

“Kami harus belajar bagaimana mengaturnya dalam pertandingan. Kami akan mulai melakukan hal tersebut sedari saat ini dan kami tidak punya masalah karena seluruh pemain punya tingkat kebugaran yang diperlukan. Saya pikir kami ingin terus bermain seperti ini. Kami ingin bisa terus memberikan tekanan di setiap pertandingan dan bukan cuma di satu laga saja karena ada pelatih baru,” sambungnya

“Tentu saja kami semua mungkin jadi lebih bersemangat karena adanya pelatih baru dan ingin unjuk kemampuan. Tetapi tujuan dari tim adalah senantiasa 100% di setiap laga dan menjalani instruksi pelatih. Kami tahu punya kualitas lebih besar dan tergantung diri kami sendiri untuk membuat peluang agar bisa sampai ke posisi untuk mencetak lebih banyak gol.”

Sentuhan Klopp sendiri sudah mulai terlihat akhir pekan lalu di mana Opta mencatat Liverpool sudah membuat 614 sprint. Jumlah itu lebih banyak dari lawannya, Spurs, yang membuat total 564 sprint. The Reds jadi tim pertama yang berlari lebih banyak daripada Spurs di sebuah partai Premier League.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.