Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Liverpool FC: Peran Penting Dua Bek Sayap dalam Skema Permainan Juergen Klopp

157

Di balik performa apik Liverpool, Manajer Juergen Klopp ternyata punya tugas khusus yang selalu dibebankan kepada pemain berposisi ful-back alias bek sayap. Tak heran, peran bek sayap Liverpool terbilang cukup dominan belakangan ini.

James Milner yang dijadikan bek kiri dan Nathaniel Clyne di sektor kanan ternyata memiliki permainan sangat agresif.

Disebutkan Liverpool Echo, Clyne membuat 13 peluang sepanjang musim ini sementara Milner 12. Clyne mencatat 146 passing di daerah lawan dan Milner 140.75 persen passing sukses dibuat Clyne di daerah lawan dan Milner mencapai angka 64 persen passing di daerah lawan.

“Bek sayap kami bermain berperan seperti gelandang. Mereka bermain di daerah lawan dan memberikan tekanan sangat tinggi. Kadang mereka menjadi winger dan gelandang tengah,” ujarnya.

“Aturannya mudah, jadikan diri Anda pilihan untuk mendapatkan umpan atau bersifat protektif dengan segala hal. Jika Anda menjadi pilihan, anda diharapkan mampu maju jauh di lapangan,” tambah dia.

Klopp menganggap bek sayap tak selalu bertanggung jawab pada momen bertahan satu lawan satu. Karena gelandang juga memiliki tugas tersebut.

“Bek sayap adalah posisi yang indah karena berpengaruh akan segalanya. Milner sempat khawatir dia akan jarang mendapat bola dan saya mengatakan bahwa Anda akan sangat sering mendapat bola dari sebelumnya,” tuturnya.