Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Liverpool Resmi Kontrak Klopp

114

Teka-teki mengenai sosok pengganti Brendan Rodgers di kursi manajer Liverpool akhirnya terjawab. The Reds mengkonfirmasi telah resmi mendatangkan pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp.

Arsitek berusia 48 tahun itu berangkat dari Dortmund menuju bandara John Lennon dengan jet pribadi sebelum mendandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan Liverpool pada Kamis (8/10).

Disinyalir, Klopp mendapat bayaran tujuh juta pounds per musim dan bakal tampil di depan media sebagai manajer Liverpool pertama kali di Anfield, Jumat (9/10). Zeljko Buvac dan Peter Krawietz hampir dipastikan menjadi tangan kanan Klopp menyusul kepergian beberapa staf pelatih Liverpool, yakni Sean O’Driscoll, Glen Driscoll dan Chris Davies.

Gary McAllister yang sempat masuk jajaran staf kepelatihan Liverpool tidak akan lagi menjalankan tugasnnya. Akan tetapi, mantan gelandang Liverpool itu bakal ditugaskan sebagai duta bagi klub yang bermarkas di Stadion Anfield tersebut.

Klopp merupakan incaran utama Liverpool setelah memecat Rodgers. Selain mantan arsitek Borussia Dortmund itu, muncul pula nama Carlo Ancelotti dan Walter Mazzarri sebagai kandidat suksesor Rodgers.

Liverpool mengakhiri kebersamaan dengan Rodgers menyusul rentetan hasil negatif musim ini. Dari delapan laga awal , James Milner dan rekan-rekan hanya mampu mengemas tiga kemenangan. Selain ditahan imbang Girondins Bordeaux dan FC Sion di ajang Europa League, mereka juga perlu bersusah payah mengalahkan klub kasta keempat, Carlisle lewat adu penalti di ajang Piala Liga.

Spekulasi pemecatan Rodgers sebetulnya telah merebak sejak musim lalu. Finis di urutan keenam klasemen dan disingkirkan Aston Villa di semifinal Piala FA membuat pemilih Liverpool, Fenway Sports Group (FSG) mulai melirik Klopp.

Klopp tengah menganggur setelah meninggalkan Dortmund musim panas lalu. Pelatih berusia 48 tahun itu dianggap sosok yang tepat bagi Liverpool lantaran pernah menolong Dortmund keluar dari keterpurukan bahkan menjuarai Bundesliga hanya dalam tempo tiga musim.