5 Kemenangan Terakhir Man. City di Anfield

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Manchester City akan datang ke Stadion Anfield pada akhir pekan ini dengan sebuah misi penting. Itu adalah memenangi laga Liverpool vs Man. City di Anfield untuk kali pertama dalam 15 tahun terakhir. Kali terakhir mereka menang di kandang Liverpool itu pada 3 Mei 2003.

Rasa penasaran juga pastinya jadi milik Pep Guardiola. Tiga kali manajer Man. City itu telah melawat ke sana. Semuanya berakhir dengan kekalahan. Terakhir, anak-anak asuhnya dibantai 0-3 di perempat final Liga Champions musim lalu.

Sejatinya, mendulang kemenangan di Anfield memang sulit bagi siapa pun. Para manajer Man. City sebelum Guardiola telah merasakannya. Stuart Pearce, Sven-Goran Eriksson, Mark Hughes, Roberto Mancini, dan Manuel Pellegrini tak pernah berhasil mencuri tiga angka di kandang Liverpool tersebut.

Sepanjang sejarah, bagi The Citizens, kemenangan di Anfield tak ubahnya barang langka. Dalam 89 lawatan ke sana, hanya 14 kali mereka menang. Berikut ini, Football5Star.com menyajikan lima kemenangan terakhir The Citizens dalam laga Liverpool vs Man. City di Anfield.

1. Liverpool 1-2 Man. City (3 Mei 2003)

Laga pekan ke-37 Premier League ini menjadi ajang nostalgia bagi dua penggawa Liverpool yang membela Man. City, Nicolas Anelka dan Robbie Fowler. Jelang pertandingan, manajer The Reds, Gerrard Houllier, sudah mewanti-wanti para pemainnya untuk mewaspadai kedua striker tersebut.

Firasat Houllier tak meleset. Dalam laga Liverpool vs Man. City hari itu, Anelka menjadi aktor penting. Dialah pencetak brace Man. City yang membalikkan keadaan. Tertinggal lebih dulu oleh gol Milan Baros, Anelka menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti pada menit ke-74 dan memastikan kemenangan timnya pada pengujung laga lewat tendangan voli nan indah.

Kegagalan menuai poin dari the Citizens pada laga itu membuat Liverpool urung menggeser Chelsea di 4-besar. Padahal, The Blues juga secara mengejutkan kalah 0-1 dari Middlesbrough. Pada akhirnya, The Reds gagal finis di 4-besar karena pada pekan terakhir kalah 1-2 dari Chelsea.

2. Liverpool 1-3 Man. City (26 Desember 1981)

Laga Liverpool vs Man. City kali ini jatuh pada boxing day 1981. Namun, bukan kado Natal indah yang didapatkan tuan rumah. Justru pil pahit yang harus mereka telan karena takluk 1-3. Tiga gol dari Asa Hartford, Kevin Bond, dan Kevin Reeves bersarang di gawang Bruce Grobbelaar. Di kubu The Reds, hanya Ronnie Whelan yang berhasil mencetak gol.

Kekalahan yang tak pernah terjadi dalam 18 kesempatan sebelumnya saat menjamu The Citizens itu pun tak mengenakkan bagi Phil Thomson. Sehari setelah kekalahan itu, ban kapten dicopot oleh Bob Paisley dari lengan Thomspon. Dia menilai sang bek terbebani oleh ban kapten sehingga tak tampil apik.

Putusan Paisley tidak keliru. Setelah ban kapten berpindah ke lengan Graeme Souness, penampilan Thompson kembali naik. Liverpool juara Liga dan Piala Liga, Thompson pun dipanggil Ron Greenwood ke timnas Inggris untuk Piala Dunia 1982.

Simak tiga kemenangan lain di halaman berikutnya.

Comments
Loading...