Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Tren Negatif Berlanjut, Liverpool Butuh Formasi Stabil

268

Football5star.com, Indonesia – Serangkaian hasil kurang baik yang didapatkan Liverpool pasa September mendapatkan perhatian khusus dari mantan pemain mereka, Danny Murphy. Ia mengatakan bahwa mantan timnya itu seharusnya punya formasi yang stabil dan tidak terus merubahnya.

Hasil itu bisa dilihat dari laga terakhir melawan Leicester City di ajang Carabao Cup, Rabu (20/9/2017). Rotasi pemain di lini belakang dan kiper menurut Murphy menjadi faktor kekalahan Liverpool dengan skor 2-0 itu.

Gelandang The Reds era 1990-an itu mengatakan bahwa dengan formasi yang stabil maka akan menciptakan soliditas dalam permainan. Hal itu yang tak didapatkan oleh Anfield Gank musim ini. Di lini  belakang, berulang kali Juergen Klopp (Manajer Liverpool) melakukan perubahan tiap pertandingan.

“Anda tidak dapat membangun hubungan dengan pemain di samping anda saat anda terus mengganti pemain setiap saat,” ujar Murphy kepada media Singapura, The Strait Times, Rabu (20/9/2017).

“Kiper dan setengah dari skuat melakukan pergantian. (Nathaniel) Clyne cedera sehingga semua itu berarti sulit untuk mendapatkan pemahaman dan stabilitas,” lanjut pemain yang gantung sepatu pada 2013 itu.

Akibat dari rotasi di lini pertahanan, Murphy juga menambahkan bahwa hal itu sangat berpengaruh pada penjaga gawang. Komunikasi yang dibangun pun akan tidak lancar dan itu terjadi saat Liverpool sering kebobolan dengan mudahnya.

“Kiper perlu mengatur orang-orang di sekitarnya. Anda memerlukan seseorang di belakang empat bek dan memimpin yang lain, itu sudah menjadi masalah (di Liverpool),” katanya.