Liverpool Dianggap Mulai Pahami Gaya Main Klopp

Belum ada kemenangan dipersembahkan Juergen Klopp di tiga laga awalnya. Tapi sisi positifnya adalah Si Merah dinilai sudah lebih memahami bagaimana gaya main manajer barunya asal Jerman itu.

Liverpool cuma meraih hasil imbang di tiga laga awal Klopp, yakni 0-0 melawan Tottenham Hotspur, lalu 1-1 saat menjamu Rubin Kazan di Europa League, dan kemudian 1-1 melawan Southampton.

Hasil-hasil itu jelas mengecewakan mengingat Liverpool begitu antusias saat Klopp ditunjuk menjadi manajer baru mereka, namun performa mereka di atas lapangan rupanya belum greget.

Tapi pernyataan berbeda justru keluar dari staf kepelatihan Liverpool, Pepijn Ljinders, yang menilai ada sisi positif yang sudah terlihat dari tiga laga awal Klopp ini. Pemain dianggapnya mulai memahami apa yang dimau manajernya.

“Mengecewakan dalam arti bahwa Juergen sudah datang dengan ide main yang jelas dan Anda pun bisa melihat dalam latihan bahwa permainan kami mulai berevolusi. Tim juga sudah mulai menemukan kesamaan pandangan. Kemudian Anda juga dapat melihat bahwa para pemain sudah menerapkan ide itu, bahwa mereka berupaya lebih efisien dan padu dalam beberapa hal. Dan kemudian lahirlah gol! Dalam momen yang sudah sempurna itu, ketika mendekati akhir, dan ada pikiran akhirnya akan (menang) di Anfield,” tutur Lijnders di laman web situs Liverpool.

“Tentu cara stadion bereaksi terasa seperti kelegaan karena kami tahu sudah banyak main seri, kami tahu kami adalah tim yang lebih sering mengalirkan bola ke daerah lawan, bahwa kami merupakan tim yang lebih aktif, yang pegang kendali. Maka mengecewakan ketika akhirnya kebobolan gol dan terutama dari sebuah umpan silang atau bola mati, itu mungkin cara satu-satunya mereka bikin gol di 15 menit akhir. Itu mengecewakan, kami semua merasa begitu, dan itu hal bagus karena memperlihatkan perasaaan kami, tahu bahwa kami adalah tim bagus dan main lebih baik,” lanjutnya.

“Tentu saja seperti biasa masih ada banyak hal yang harus dipoles, tapi jika Anda bertanya hal-hal yang berusaha diimplementasikan (Klopp) maka saya pikir Anda dapat ketiga hal itu dengan amat jelas,” beber Lijnders.

Pertandingan Liverpool berikutnya adalah menghadapi sesama tim Premier League di babak empat Piala Liga Inggris di Anfield, Kamis (29/10/2015).

BERITA TERKINI