Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Lucas Leiva Pindah, Pemain Peninggalan Rafa Benitez Habis

139

Football5stars.com, Indonesia – Kedatangan Lucas Leiva ke markas Lazio, Senin (17/7/2017), untuk menuntaskan proses transfernya memiliki catatan menarik bagi Liverpool. Kepergian pemain asal Brasil tersebut membuat The Reds tak lagi memiliki pemain warisan Rafa Benitez, manajer terakhir yang sukses memberikan gelar Liga Champions.

Hingga musim lalu, begitu Martin Skrtel hijrah ke Fenerbahce, Leiva menjadi peninggalan terakhir Benitez di Anfield. Sebelumnya, pada 2014/2015, Daniel Agger yang memilih balik ke kampung halaman ke Brondby, serta Pepe Reina yang pindah ke Bayern Munich.

Selama mengarsiteki The Reds dari 2004 hingga 2010, Benitez mendatangkan 60 pemain atau rata-rata enam pemain per musim. Salah satunya adalah Leiva yang dibeli seharga 5 juta euro dari Gremio pada 11 Mei 2007.

Meski sanggup mengemas 346 penampilan bersama Liverpool di berbagai ajang, karier Leiva tidaklah mulus. Pada awal kedatangannya, banyak fans The Reds yang kecewa karena performanya yang angin-anginan. Namun, perlahan namun pasti, dia mampu merebut hati para Kopites. Musim terbaiknya di Anfield tentu saja saat hampir menjuarai Premier League pada 2014-15.

Bertahan sepuluh musim dengan awal yang sulit, Leiva mendapat pujian dari rekan senegaranya, Fabio Aurelio. “Tidak mudah untuk berada di sebuah klub selama itu. Apalagi dia bukan pemain Inggris. Dia patut dipuji untuk pencapaian itu,” ujar Aurelio pada Juni lalu.

Meski begitu, kepergian Leiva dari Anfield tidaklah mengejutkan. Dalam beberapa musim terakhir, dia memang kerap digunjingkan bakal hengkang. Hal itu pada akhirnya benar-benar menjadi kenyataan pada bursa transfer kali ini. Keterbatasan kesempatan tampil menjadi alasan utama yang mengemuka.

Musim lalu, pemain berumur 30 tahun itu hanya turun dalam 24 laga The Reds di Premier League. Dari jumlah itu, hanya 12 kali dia tampil sebagai starter. Sudah begitu, sebelas kali dia diturunkan sebagai bek tengah, bukan gelandang bertahan.

Meski mengaku tak bermasalah dengan manajer Juergen Klopp, Leiva gerah juga. Itu terlihat dari keengganannya memenuhi kontrak dengan The Reds yang habis pada musim depan. Pada Mei silam, dia secara gamblang mengungkapkan keinginan hengkang.

“Saya sudah lama berada di sini dan jika tiba saatnya saya pergi ke tempat lain, saya pikir saya akan pergi,” ujar pemain didikan Gremio tersebut.

Begitu Leiva nanti diumumkan sebagai penggawa anyar Lazio, Liverpool pun secara resmi tinggal dihuni pemain-pemain rekrutan Kenny Dalglish, Brendan Rodgers, dan Klopp. Itu pun, pemain warisan Dalglish tinggal Jordan Henderson.