Mantan Pelatih Ungkap Kekurangan Shaqiri untuk Samai Messi

Football5star.com, Indonesia – Xherdan Shaqiri kerap dibanding-bandingkan dengan Lionel Messi. Di mata mantan pelatihnya semasa di FC Basel, Thorsten Fink, itu tidaklah keliru. Dia menilai ada satu kesamaan yang dimiliki bintang timnas Swiss itu dengan sang megabintang asal Argentina. Itu terletak pada bakat alamnya yang luar biasa.

“Berbeda dengan Cristiano Ronaldo, Messi adalah pemain yang sudah dianugerahi talenta. Dia tak perlu bekerja keras seperti yang dilakukan Ronaldo. Bagi saya, Messi punya talenta. Demikian pula dengan Shaqiri,” ungkap Fink kepada ESPN seperti dikutip Football5Star.com dari London Evening Standard.

Xherdan Shaqiri dan Lionel Messi saat bertemu di Piala Dunia 2014.
pikby.com

Satu hal yang dinilai Fink jadi pembeda adalah tingkat profesionalisme. Andai mampu meningkatkan hal itu, pelatih yang kini menangani Grasshoppers Zurich tersebut yakin Shaqiri bisa mencapai level berbeda. Bahkan, dia menilai sang mantan anak asuh bisa menjadi pemain terbaik di Liverpool.

“Dia punya talenta untuk bermain. Jika mampu bekerja dengan sangat profesional, dia bisa menjadi yang terbaik bagi Liverpool, bukan hanya seorang pemain. Dia harus memacu dirinya untuk terus lebih baik dan maju. Bagi dia, tak bermain setiap pekan tidaklah cukup. Dia harus memasang target bermain setiap pekan,” jelas Fink lagi.

Secara pribadi, sebagai pelatih yang mempromosikan ke tim utama Basel, Fink menaruh harapan besar pada Shaqiri. Dia mengaku akan sangat kecewa bila pemain yang juga pernah membela Bayern Munich tersebut tak mencapai prestasi terbaik.

“Dengan talenta yang dimilikinya, dia dapat bermain untuk klub terbaik dunia. Itulah yang saya inginkan,” tutur pria asal Jerman tersebut soal harapannya untuk Shaqiri. “Dia punya segalanya untuk menjadi pesepak bola sempurna. Hanya satu hal, ‘Dapatkah kamu membuat langkah berikut, Xherdan?’ Jika ingin bermain setiap laga untuk Liverpool atau Real Madrid, Bayern Munich atau Man. United, kamu butuh profesionalisme lebih besar.”

Comments
Loading...