Man. City di Ambang Rekor Juara Premier League Tercepat

Football5Star.com, Indonesia – Manchester City berpeluang menyamai rekor juara tercepat di Premier League. Berkat kekalahan sang rival utama, Man. United, dari Newcastle United, Man. City kini unggul 16 poin. Hitung-hitungan poin menunjukkan, The Citizens hanya butuh enam kemenangan lagi untuk memastikan gelar. Jika tak ada aral, mereka akan menjadi kampiun pada pekan ke-33, 7 April 2018.

Jika hal itu terwujud, Man. City akan menyamai rekor yang dibuat Man. United pada 2000-01. Saat itu, Red Devils memastikan diri sebagai juara saat kompetisi masih menyisakan lima pekan. Menariknya, pada pekan ke-33 nanti, The Citizens akan berjumpa dengan sang pemilik rekor tersebut.

Man. United saat juara 2000-01.
premierleague.com

Anak-anak asuh Guardiola bahkan bisa saja menahbiskan diri sebagai juara Premier League lebih cepat. Namun, hal itu hanya bisa digapai dengan dua syarat. Pertama, mereka tak lagi kehilangan angka. Kedua, para pesaing, terutama Man. United dan Liverpool, mengalami kekalahan.

Selain berpeluang menjadi juara tercepat dalam sejarah Premier League, Man. City juga bisa mematahkan empat rekor lain. Itu adalah poin, jumlah kemenangan, gol, dan selisih gol, dalam semusim. Dua rekor pertama milik Chelsea, sedangkan dua rekor lainnya dipegang Man. United.

Pada musim 2004-05, The Blues mengakhiri musim dengan 95 poin. Kini, dengan koleksi 72 poin hingga pekan ke-27, The Citizens hanya butuh 23 poin dari 11 laga sisa untuk menyamai rekor tersebut.

Rekor Chelsea lain yang bisa disamai atau bahkan dipatahkan The Citizens adalah jumlah kemenangan. Rekor itu masih segar karena baru dibukukan The Blues pada musim lalu. Sepanjang musim 2016-17, anak-anak asuh Antonio Conte berhasil membukukan 30 kemenangan. Untuk menyamai rekor tersebut, Man. City kini butuh tujuh kemenangan lagi karena telah mengemas 23 kemenangan sepanjang musim.

Rekor Gol
Man. United mencetak rekor gol pada musim 2009-10.
premierleague.com

Sementara itu, rekor gol terbanyak dan selisih gol terbesar dalam semusim dibukukan Man. United pada 2009-10. Kala itu, Red Devils mengemas 103 gol dan selisih gol +71 pada akhir musim. Untuk menyamai dua rekor ini, The Citizens baru memiliki tabungan 79 gol dan selisih gol +59. Artinya, Sergio Aguero dkk. masih memerlukan 24 gol dalam 11 laga sisa dan selisih 12 gol.

Menilik rataan gol dan kebobolan musim ini, secara matematis, The Citizens mampu merontokkan dua rekor milik rival sekotanya itu. dengan rata-rata 2,93 gol per laga, Aguero cs. hanya butuh 9 laga untuk melewati 24 gol yang dibutuhkan untuk melewati rekor gol terbanyak dalam semusim. Hingga akhir musim, mereka bisa menambah 32 gol yang menjadikan total gol mereka 111 gol.

Adapun untuk selisih gol, rasio kebobolan Man. City musim ini hanya 0,74. Artinya, potensi kebobolan mereka dalam 11 laga sisa hanya 8 gol. Ditambah 20 gol yang telah bersarang hingga pekan ke-27, total kebobolan The Citizens akan berjumlah 28 gol. Bila benar bisa mencetak 111 gol hingga pekan pamungkas, selisih gol Man. City akan berjumlah +83 gol.

Comments
Loading...