Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Man. United: Romelu Lukaku Tak Lebih Baik Ketimbang Rooney

146

Football5star.com, Indonesia – Striker anyar Manchester United, Romelu Lukaku, memiliki sebuah catatan Premier League yang lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo. Namun, ia kalah dibandingkan Wayne Rooney.

Everton telah sepakat untuk menjual Lukaku ke Man. United dengan nilai transfer sekitar 75 juta Poundsterling pada bursa transfer musim panas ini.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Setan Merah merelakan Rooney untuk pulang ke Everton. Ini adalah kali pertama ia kembali bermarkas di Stadion Goodison Park sejak dibeli Man. United dengan harga sekitar 32 juta Poundsterling pada 2004.

Kesepakatan ini tentu memunculkan pertanyaan. Apakah Lukaku, yang baru berumur 24 tahun, pantas dihargai begitu mahal serta ditambah Rooney?

Pemain asal Belgia tersebut memang merupakan salah satu penyerang tertajam di Premier League saat ini. Pada musim 2016-17 kemarin, ia hanya kalah empat gol dalam perebutan gelar top skorer dengan peraih sepatu emas, Harry Kane (Tottenham Hotspur), yang mencetak 29 gol.

Hanya saja, jika dibandingkan Rooney sebelum berusia 24 tahun, Lukaku masih kalah tajam.

Sebelum 24 Oktober 2009, Rooney total mencatatkan 86 gol. Ia unggul dua gol dari Lukaku, yang mencetak 84 gol sebelum berulang tahun ke-24 pada 13 Mei kemarin.

Kendati demikian, Lukaku ternyata lebih baik ketimbang Ronaldo. Ketika bintang Real Madrid tersebut masih membela Man. United, ia mencetak 77 gol sebelum berusia 24 tahun.

Hanya dua satu pemain lain yang mampu mencetak minimal 75 gol sebelum berusia 24 tahun, yakni Michael Owen (110 gol) dan Robbie Fowler (106 gol). Keduanya sama-sama merupakan mantan pemain Liverpool.