Man. City Belum Selevel Barcelona dan Bayern Era Guardiola

0 506

Football5star.com, Indonesia –¬†Rekor Manchester City belum sebanding dengan Barcelona dan Bayern Munich pada era Pep Guardiola.

The Citizens baru mencatatkan kemenangan beruntun terbanyak dalam sejarah Premier League. Anak asuh Guardiola memenangi 15 laga terakhir.

Pep Guardiola-Manchester CityItu terjadi setelah Man. City menang empat gol tanpa balas atas Swansea City dalam laga Premier League pekan ke-17 di Liberty Stadium, Rabu (13/12/2017).

Masing-masing gol tim tamu dicetak oleh David Silva (27′ & 52′), Kevin De Bruyne (34′) dan Sergio Aguero (85′).

Man. City akhirnya mematahkan rekor yang selama ini dipegang. Pada antara musim 2001-02 dan 2002-03, The Gunners menang 14 kali secara berturut-turut.

Akan tetapi, pencapaian Guardiola saat menangani Barcelona dan Bayern Munich rupanya lebih mentereng ketimbang di Man. City.

 

Berikut ini adalah beberapa perbandingan rekor Pep Guardiola saat melatih Manchester City, Barcelona dan Bayern Munich:
  • Jumlah kemenangan beruntun

Man. City patut bangga menjadi klub yang mengemas kemenangan beruntun terbanyak di Premier League. Namun, catatan Guardiola di dua klub sebelumnya lebih baik.

Pep Guardiola, Douglas Costa, Bayern MunichGuardiola menangani El Barca pada 2008-2012. Secara keseluruhan, dia membantu Lionel Messi dan rekan-rekan meraih segudang prestasi.

Barcelona sempat memegang rekor kemenangan terbanyak di Divisi Primera bersama Guardiola, yakni 16 kali. Itu terjadi antara Oktober 2010 hingga Februari 2011.

Kendati demikian, catatan tersebut telah disamai oleh rival abadinya, Real Madrid, pada musim lalu.

Selain itu, Guardiola kembali mengukir rekor apik bersama Bayern. Dia membantu FC Hollywood memenangi 19 laga beruntun di Bundesliga antara Oktober 2013 sampai Maret 2014.

  • Rerata Gol Per Laga

Man. City meunjukkan ketajamannya pada musim ini. Sergio Aguero dan rekan-rekan telah mengoleksi 52 gol dari 17 pertandingan liga.

Barcelona, Pep Guardiola, Juara Liga Champions49 gol di antaranya tercipta saat The Citizens meraih kemenangan beruntun yang menjadi rekor baru di Premier League.

Itu berarti, rerata gol Man. City tiap pertandingan adalah 3,26. Namun, angka itu kalah tipis dari Bayern ketika mengukir rekor kemenangan beruntun.

Dalam 19 laga, FC Hollywood mencatatkan 64 gol atau rerata gol 3,36 per laga. Sementara itu di Barcelona, anak asuh Guardiola mengemas 60 gol dari 16 laga atau rerata gol 3,75 per laga.

 

  • Jumlah Gol Pemain Tersubur

Lionel Messi menyumbang lebih dari satu per tiga dari jumlah gol Barcelona dalam rentang 16 laga, yakni 21 gol. Sementara itu, Mario Mandzukic mencetak 13 gol dari 19 pertandingan.

Jumlah kedua pemain tersebut mengungguli Sergio Aguero. Dia baru mengemas 10 gol dalam 15 laga.

 

  • Kemenangan Terbesar

Pep Guardiola

Kemenangan dengan selisih gol terbesar Man. City adalah ketika melawan Watford, y6akni 60. Angka tersebut masih kalah dari Barcelona dan Bayern Munich.

Pada November 2010, El Barca membantai Almeria delapan gol tanpa balas atau satu pekan setelah memenangi El Clasico saat menjamu Real Madrid dengan skor 5-0.

Beberapa kemenangan telak diraih Bayern selama di bawah kendali Guardiola, namun selisih gol terbanyak adalah 7-0 ketika melawan Werder Bremen pada Desember 2013.

 

  • Aksi Kreator Serangan

kevin de bruyne, manchester cityKevin De Bruyne adalah pemain yang menjadi roh permainan Manchester City di lini tengah. Playmaker timnas Belgia itu mencetak delapan assist dari 46 peluang.

Lionel Messi hanya mampu mengkreasikan 35 peluang untuk Barcelona, sedangkan Thomas Mueller 34 peluang untuk Bayern Munich.

Akan tetapi, jumlah assist Messi lebih baik ketimbang De Bruyne, yakni 13 assist. Pemain dengan assist terbanyak di FC Hollywood adalah Rafinha atau setara dengan David Silva di Man. City.

 

*) Statistik diambil dari rentang masing-masing klub saat menciptakan rekor kemenangan beruntun di liga.