Manchester United Klub Sepak Bola Terkaya Sedunia

105

Football5star,com,  Indonesia – Forbes telah merilis data terbaru sepuluh besar klub olahraga paling kaya tahun ini pada Rabu (12/7/17). Posisi puncak dihuni oleh klub olahraga asal Texas, Dallas Cowboys. Tim milik taipan Jerry Jones tersebut meraih penghasilan sebesar 4,2 miliar dollar tahun ini.

Sepak bola mengirimkan tiga wakilnya di sepuluh besar tahun ini. Ada Manchsester United di peringkat ketiga dengan penghasilan sebesar 3,69 miliar dollar. Itu artinya, tim asuhan Jose Mourinho menjadi klub sepak bola terkaya tahun ini.

Barcelona membuntuti United di peringkat keempat dengan pemasukan 3,64 miliar dolar. Satu strip di bawah Blaugrana, ada Real Madrid yang mengisi peringkat kelima dengan penghasilan 3,58 miliar dollar.

Jika dibandingkan dengan rilisan tahun lalu, klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut naik dua peringkat. Tahun lalu, United menempati posisi lima dengan pemasukan 3,32 miliar. Barcelona dan Real Madrid justru mengalami penurunan. Musim lalu, Real Madrid menjadi tim sepak bola terkaya dengan total keuntungan 3,65 miliar dolar. Diikuti Barcelona dengan 3,55 miliar dollar.

Meningkatnya pendapatan United tahun ini tidak terlepas dari beberapa faktor. Selain guyuran uang dari sponsor dan hak siar, penjualan merchandise United termasuk yang terbesar tahun lalu. Dari kontrak hak siar televisi, Setan Merah meraup 8,4 miliar pounds selama tiga tahun.

Kemudian dari merchandise, Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic mendominasi daftar jersey paling laku tahun lalu. Belum sebulan jersey mereka dirilis, United langsung meraup keuntungan sebesar 190 juta pounds.

Kucuran dana yang besar membuat kubu Old Trafford tidak ragu menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan pemain. Jika melihat rilisan Forbes, tidak mengherankan jika United termasuk tim yang jorjoran dalam bursa transfer. Terakhir mereka mendatangkan Romelu Lukaku dengan harga 75 juta pounds.

You might also like More from author