Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Fans United Diminta Hentikan Chants Bernada Rasis pada Lukaku

448

Football5Star.com, Indonesia – Kedatangan Romelu Lukaku ke Manchester United membuat para fans menghadiahinya sebuah nyanyian khusus. Namun, terdapat bagian dalam chants tersebut yang bernada rasis. Hal ini mendorong banyak pihak untuk meminta suporter menghentikannya.

Seperti organisasi anti-diskriminasi, Kick It Out, dan pemilik blog Republik of Mancunian, Scott Patterson, menyatakan keberatannya atas nyanyian tersebut. Mereka pun menuangkan penolakan itu lewat sebuah pernyataan resmi yang diterbitkan oleh The Times.

“Kami menyadari bahwa ada rekaman video dari lagu bernada rasial yang dinyanyikan oleh suporter United. Lirik yang digunakan bersifat ofensif dan diskriminatif. Stereotip rasis tidak akan pernah mendapat tempat baik di sepak bola maupun di sendi-sendi kehidupan lain.” Tulis mereka.

Lagu yang dimaksud sebenarnya sudah mulai dinyanyikan sejak pertama kali Lukaku tampil. Tetapi baru pada Kamis (14/9/2017) dini hari WIB lalu, melawan Basel di Old Trafford, tersebar luas di media massa. Dengan meminjam nada dari lagu The Stone Roses yang berjudul Made of Stone, para suporter memuja habis sang pemain.

Lagu tersebut justru menuai kontroversi. Pasalnya, di liriknya memang ada kata-kata yang berbau rasial. Fans United memuja Lukaku dengan mengagung-agungkan penisnya yang berukuran besar. Inilah yang kemudian menjadi masalah karena hal tersebut sudah menjadi stereotip bagi para pria berkulit hitam.

Kick It Out sudah melakukan pembicaraan dengan pihak MU dan FA untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik. Mereka pun siap menginvestigasi siapa dalang yang membuat lirik bernada rasis tersebut.