ANALISIS: Kans Man. United Menang di Stadion Allianz Hanya 4,76 Persen

Football5star.com, Indonesia – Laga besar nan sulit yang harus dimenangi tapi tidak terlalu menentukan. Begitulah kira-kira resume omongan Jose Mourinho, manajer Manchester United, jelang laga matchday IV Liga Champions di Stadion Allianz, kandang Juventus.

Sekilas, terkesan ada nada pasrah dari omongan Mourinho tersebut. Namun, itu kiranya tidaklah berlebihan. Menang di Stadion Allianz bukanlah perkara mudah bagi Manchester United. Memang benar, Real Madrid musim lalu sempat berpesta 3-0 di sana, tapi itu adalah satu dari hanya sedikit kekalahan yang diderita Juventus sejak bermarkas di sana pada 2011.

Manchester United harus ulangi keberhasilan Tottenham tak kalah dari Juventus di Stadion Allianz pada musim lalu.
reuters.com

Mengalahkan Juventus di Stadion Allianz tak ubahnya misi yang hampir mustahil, sungguh sangat sulit. Total, dari 189 laga yang telah dilakoni La Vecchia Signora di sana, hanya ada sembilan kekalahan. Artinya, kans Manchester United untuk merebut tiga poin di kandang Juventus tersebut hanya 4,76 persen. Adapun kans imbang pun 16,4 persen saja.

Khusus di Liga Champions, Juventus baru dua kali kalah di Stadion Allianz. Selain dari Madrid pada musim lalu, kekalahan lain didapatkan dari Bayern Munich pada musim 2012-13. Kala itu, Bayern menang 2-0. Sisanya, I Bianconeri membukukan 18 kemenangan dan 10 hasil imbang.

Hal lain yang membuat misi Manchester United di Stadion Allianz bertambah berat adalah rekor buruk klub-klub Inggris di sana. belum ada yang berhasil menang di sana. Chelsea dihajar 3-0 pada 2012, Manchester City ditekuk 1-0 pada 2015, dan Tottenham Hotspur hanya imbang 2-2 pada musim lalu.

Akan tetapi, seperti kata pepatah, tak ada yang mustahil. Lalu, akan selalu ada yang pertama. Begitu pula dengan Manchester United untuk jadi tim Inggris pertama yang menang di Stadion Allianz. Satu hal yang pasti, seperti juga diyakini Mourinho, itu akan sangat sulit dan butuh kerja mahakeras.

Comments
Loading...